Rabu, 18 Maret 2015

Potensi Batu Akik Dalam Meningkatkan Ekonomi

Batu akik atau Agate yang berasal dari Indonesia memang dikenal memiliki kualitas unggulan di mata Internasional. Tidak heran, jika saat ini banyak batu akik yang berasal dari daerah Indonesia kini di ekspor ke luar negeri. Salah satu tujuan ekspor batu akik adalah negara-negara Eropa dan beberapa negara Asia lainnya. Sungguh fenonemal disaat kita sibuk mengklaim jika batu akik tidak memberikan manfaat untuk masyarakat.

Peraturan dan ketentuan pemerintah tentang kekayaan bumi di Indonesi seharusnya dibuat secara baik untuk kepentingan masyarakat. Salah satunya adalah batu akik. Pemerintah Indonesia sebanarnya menyadari bahwa batu akik memiliki potensi nilai bisnis yang cukup besar. Apalagi, pada tahun 2015, tercatat batu akik merupakan komoditi dengan nilai transaksi tertinggi berdasarkan data transaksi E-Commerce Indonesia.

Seperti batu Opal yang berasal dari Australia, negara kanguru bahkan menjadikan Opal sebagai batu permata nasionalnya. Jika di Indonesia mempatenkan batu yang berasal dari Indonesia dan mengklaim sebagai batu permata nasional Indonesia, tentu akan berdampak positif bagi perkembangan ekonomi di Indonesia. Salah satunya adalah dalam segi dunia pariwisata. Simak juga Museum Batu Giok Dibangun di Aceh

Dengan memberikan pelatihan terhadap masyarakat Indonesia untuk memberdayakan kekayaan daerah demi kemajuan dan kemakmuran masyarakat, dinilai menjadi langkah positif yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Indonesia.

Potensi Batu Akik Dalam Meningkatkan Ekonomi

Tidak hanya batik, Indonesia juga memiliki batu akik. Dengan mengenalkan batu akik Indonesia kepada dunia luar, tentu akan memberikan dampak positif bagi citra Indonesia di mata internasional. Simak juga, Daftar Daerah Penghasil Batu Akik di Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar