Kamis, 05 Maret 2015

Cara Mengkilapkan Batu Akik Dengan Jeruk Nipis

Batu akik yang mengkilat akan terasa lebih indah. Tahukah anda bahwa yang menyebabkan sebuah batu akik mengkilap adalah pori-pori yang terdapat dipermukaan batu akik. Jika pori-pori ini mengecil dan sampai tertutup, maka batu akik yang anda miliki akan terlihat lebih mengkilap.

Untuk mengkilapkan batu akik memang susah-suah gampang. Terkadang banyak orang yang melakukan apa saja demi membuat batu akik miliknya terlihat lebih mengkilap, hasilnya ada yang memuaskan tetapi ada juga yang mengecewakan. Jadi berhati-hatilah dalam memilih bahan untuk mengkilapkan batu akik. Usahakan bahan-bahan yang anda gunakan berasal dari yang alami  . Ada banyak cara sebenarnya yang bisa anda lakukan untuk membuat batu akik kesayangan anda lebih mengkilat.

Sebelum melanjutkan cara mengkilapkan batu akik dengan jeruk nipis, simak terlebih dahulu artikel yang sudah kami tuliskan sebelumnya beberapa Cara Mengkilapkan Batu Akik Tradisional

Mungkin anda sudah pernah mendengar cara mengkilapkan batu akik dengan jeruk nipis. Karena cara ini sebenarnya sudah banyak diketahui oleh orang. Namun ada yang salah dari proses pengkilatan batu akik dengan jeruk nipis, karena bahan yang digunakan tidak hanya jeruk nipis. Kalau begitu simak dengan cermat tutorial berikut ini.

Cara Mengkilapkan Batu Akik Dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan kategori buah yang mengandung asam yang tinggi. Kita ketahui bahwa zat asam memiliki ketazaman yang tinggi terhadap benda-benda yang keras. Oleh sebab itu, ada pemikiran dari orang-orang dahulu untuk menggunakan jeruk nipis sebagai bahan untuk mengkilapkan batu akik. 

Bahan-bahan yang harus anda persiapkan untuk mengkilapkan batu akik dengan jeruk nipis adalah sebagai berikut :
  • Baking Soda. Tepung ini biasa digunakan untuk membuat kue. Tepung ini sendiri banyak dijual di minimarket atau warung-warung sampah yang ada di lingkungan anda. Baking soda atau Natrium bikarbonat adalah senyawa kimia dengan rumus NaHCO₃. Dalam penyebutannya kerap disingkat menjadi bicnat. Jika di daerah anda tidak ada yang menjual tepung ini, anda bisa menggunakan "Kapur". Kapur ini bisa anda beli di tempat-tempat penjual sirih. Ingat, kapur yang dimaksud adalah kapur yang digunakan untuk memakan sirih.
  • Jeruk Nipis. Kalau yang ini pasti banyak dijual dimana-mana. 


Proses pengkilapan dengan menggunakan Jeruk Nipis  :
  1. Sediakan sebuah wadah atau piring / lepekan kopi.
  2. Taburkan baking soda atau jika tidak ada kapur, ke wadah piring tersebut secukupnya.
  3. Peraslah jeruk nipis hingga merata diatas baking soda atau bisa juga kapur tersebut.
  4. Jika anda menggunakan baking soda, biasanya akan keluar gelembung gas pada baking soda. 
  5. Aduk dengan menggunakan sendok hingga merata.
  6. Setelah itu, sediakan sebuah kain ataupun sikat gigi. Namun lebih baik anda menggunakan kain.
  7. Ambil larutan baking soda yang sudah tercampur dengan jeruk nipis tadi menggunakan kain ataupun sikat gigi.
  8. Dan kemudian, gosokkan ke permukaan batu akik milik anda. 
Dalam menggosok batu akik, yang perlu anda ketahui bahwa kita tidak boleh menggosoknya dengan arah maju mundur. Tetapi arah menggosok batu akik yang baik ada searah. Jika anda memilih maju, maka terus menggosoknya dengan mengulanginya, bukan melakukan gerakan maju mundur.

Cara Mengkilapkan Batu Akik Dengan Jeruk Nipis


Demikian cara mengkilapkan batu akik dengan jeruk nipis. Sampai saat ini, cara ini masih banyak digunakan oleh banyak orang. Namun, hanya sedikit yang mengetahui cara menggosok batu akik dengan baking soda atau bisa juga kapur bila tidak ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar