Minggu, 15 Maret 2015

Mengenal Batu Bau Bau Sulawesi Tenggara

Batu bacan bau bau sulawesi

Batu bau bau adalah batu yang khas berasal dari daerah Bau-Bau , tdi Provinsi Sulawesi Tenggara. Sudah bukan rahasia lagi bila daerah di kepulauan Sulawesi menyimpan potensi alam yang banyak termasuk batu Bacan dan batu Bau bau yang eksotis. Batu bau bau ini termasuk batu yang banyak dicari dan banyak peminatnya di nusantara ini. Sehingga banyak turis domestik yang mampir ke daerah Bau bau untuk berburu batu.

Ciri ciri batu bau bau
Batu bau bau memiliki ciri khas yang berwarna putih dan beberapa ada yang memiliki dua jenis antara lain yang sudah mengkristal dan yang tidak mengkristal. Dari sekian banyak jenis batu bau bau, ada varian yang sangat berkelas yaitu batu akik giok bau bau. Batu giok bau bau ini memiliki keistimewaan berwarna putih dan mengkristal, namun bila di senter atau disinari akan berwarna kehijauan seperti batu giok.

Harga Batu bacan bau bau Sulawesi
Untuk harga di pasaran batu bau bau berkisar antara 300 ribu – 900 ribu dalam ukuran sedang. Batu bau bau ini sering dibuat berupa liontin, ornamen hiasan dan pada umumnya dibuat menjadi batu akik. Tak hanya dipakai oleh para kaum adam, batu ini juga diminati oleh para wanita dan cocok dijadikan batu cincin dan ornamen giwang.

Cara Merawat Batu Bau Bau dari Sulawesi
  1. Siapkan gelas kaca yang sudah diberi air kelapa hijau
  2. Rendam batu, apabila sudah berbentuk batu cincin tidak masalah tetap bisa direndam dengan air rendaman
  3. Setelah sehari direndam lalu diangkat dan di keringkan
  4. Lanjut digosok dengan daun pisang kering hingga mengkristal
  5. Bila sudah mengkilap untuk perawatan harian bisa dibersihkan dengan sikat gigi bekas yang bulunya masih lembut. Gosok hingga ke sela sela batu cincin dengan menggunakan sabun mandi
  6. Apabila sudah kusam, batu bisa digosok dengan serbuk intan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar