Senin, 23 Maret 2015

Cara Tradisional Mengkilapkan Batu Badar Besi

Batu badar besi adalah jenis Hematite/Magnetsteen yang mengandung mineral dan memiliki unsur Besi (Fe) yang dominan, struktur mineral yang Trigonal disertai dengan kandungan Oksigen yang tinggi sehingga memiliki warna abu kehitam-hitaman serta hanya memiliki kekerasan 5 – 6 skala Mohs. Mungkin anda mengalami kesulitan untuk membuat batu badar besi kesayangan anda menjadi mengkilap. Tapi tenang, ada beberapaca cara tradisional yang bisa anda lakukan untuk mengkilapkan batu badar besi milik anda.

Seperti yang sudah disebut diawal bahwa batu badar besi memiliki kandungan besi yang dominan, sehingga kita memerlukan bahan khusus untuk mengkilapkan batu badar besi. Adapun bahan-bahan yang bisa anda persiapkan untuk membuat batu badar besi menjadi mengkilap adalah sebagai berikut:
  1. Kertas Pasir / Amplas - Persiapkan kertas pasir ukuran 1000 dan juga ukuran 1500. Untuk mengkilapkan batu badar besi, kita memerlukan pengerjaan yang lebih lama dibandingkan dengan jenis batuan lainnya.
  2. Serbuk intan - Persiapkan serbuk intan yang sudah dijadikan dalam bentuk kertas gosok intan. Serbuk intan sudah lama dijadikan sebagai bahan untuk pengkilap batu akik.
  3. Yang terakhir adalah daun pisang. Sebagai tahap finishing untuk mengkilapkan batu badar besi milik anda.
Yang pertama anda lakukan adalah menggosok batu badar besi dengan amplas ukuran 1000. Pada fase ini, setidaknya anda memerlukan waktu 20 menit untuk menggosok batu badar besi.
Yang kedua adalah menggosok batu badar besi dengan amplas ukuran 1500. Pada fase ini, setidaknya anda memerlukan waktu sekitar 10 menit . Dari fase pertama dan fase kedua, yang harus anda perhatikan adalah tekhnik menggosok batu badar besi tersebut. Untuk menggosoknya, jangan buat gerakkan maju mundur. Tetapi buatlah gerakkan yang searah.
Yang ketiga adalah menggosok batu badar besi dengan serbuk intan. Pada fase ini setidaknya anda memerlukan waktu 20 menit untuk membuat batu badar besi menjadi mengkilap. Tekhnik menggosok seperti yang sudah dijelaskan diawal.
Yang keempat adalah menggosok batu badar besi dengan daun pisang. Pada fase ini batu tersebut digosok untuk membuat terlihat lebih mengkilap. Minyak alami yang dikeluarkan oleh daun pisang, sangat berguna untuk mengkilapkan batu akik.

Cara Tradisional Mengkilapkan Batu Badar Besi
Batu Badar Besi

Cara diatas sudah dapat membuat batu badar besi anda terlihat mengkilap. Jika belum menunjukkan kekilapannya, anda bisa menggosoknya dengan jedah waktu yang lebih lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar