Senin, 09 Maret 2015

Ramuan Pengkristal Batu Akik Palsu

Ramuan pengkristal batu akik sudah dijual dimana-mana. Dengan harga yang relatif mahal, banyak para pembeli yang merasa tertipu dengan ramuan tersebut. Salah satunya dilami oleh Ridwan, seorang pembaca blog pengrajin-batu-akik.blogspot.com yang berasal dari Bandung, mengemukakan kepada kami melalui email bahwa ia tertipu oleh seorang penjual ramuan pengkristal batu akik di jalanan.

Ia membelinya dengan harga Rp 50.000 / satu botol kecil. Saat direndam, ternyata tidak ada hasil apa-apa. Hal ini lah yang membuat ia menjadi kapok. 

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, memang sebenarnya ada cairan yang bisa mengupas atau mengikis kapur yang terdapat pada batu akik. Namun, untuk membuat sebuah batu akik memiliki kandungan kristal yang tinggi, sampai saat ini belum ada ditemukan. Biasanya, ramuan air yang digunakan para pecinta batu akik hanya menciptakan kekilatan pada batu dan membuat warna pada batu terlihat lebih bagus.

Jika anda ingin membeli sebuah ramuan pengkristal batu akik, seharusnya ramuan tersebut sudah diuji terlebih dahulu. Namun jika anda sudah terlanjur membeli ramuan tersebut, anda bisa mengujinya pada batu alam lainnya  . Bila terjadi pembesaran pori-pori pada lapisan batu, maka ramuan tersebut akan merusakkan batu akik kesayangan anda dan akan berakibat buruk. Seperti pecah atau retak bahkan membentuk lubang besar. Tetapi jika batu yang anda tes tadi terlihat lebih baik, maka ramuan tersebut adalah asli.

Ramuan untuk pengkristal batu akik sampai saat ini masih misterius. Ada yang menyebutkan jika ramuan tersebut hanyalah air oxygen yang bisa anda beli di mini market. Tetapi ada juga yang menyebutkan bahwa ramuan pengkristal batu akik tersebut mengandung senyawa-senyawa kimia yang dapat memisahkan zat-zat kimia lainnya yang terdapat pada batu akik.

Untuk membeli sebuah ramuan pengkristal batu akik, seharusnya anda sudah mengetahui dari orang-orang yang sudah mencobanya. Informasi dari orang-orang yang sudah pernah mencobanya lebih baik daripada anda langsung mencobanya dan mengambil resiko terhadap batu akik kesayangan anda.


Sedikit informasi, kristal yang terdapat pada batu akik terkandung zat mineral yang tinggi. Semakin tinggi sebuah mineral yang terkandung dalam batu, maka akan semakin keras batu tersebut. Tercatat, intan memiliki kekerasan 10 Skala Mohs.

Namun, ada beberapa informasi yang kami dapatkan di pasaran mengenai cara untuk mempercepat proses pengkristal batu akik. Kalau begitu, baca juga Cara Mempercepat Pengkristalan Batu Akik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar