Minggu, 08 Maret 2015

Cara Mencari Batu Akik di Alam Bebas

Mar 8, 2015 - Batu akik merupakan batuan mulia yang berasal dari alam. Tahukah anda bahwa batu akik berasal dari cairan magma? Ya, Asal usul batu sebenarnya berasal dari dalam tanah, dimana terdapat magama cair yang membeku dan terciptalah sebuah batu akik.

Pembekuan ini sendiri tentunya memerlukan waktu yang tidak sebentar, perlu ribuan bahkan jutaan tahun lamanya. Namun dengan adanya teknologi yang dimiliki manusia, menciptakan sebuah batu akik tidaklah terlalu sulit asalkan kita mengetahui kandungan apa saja yang terdapat pada batu tersebut.

Mungkin anda penasaran dan ingin mendapatkan dan mencari batu akik di alam bebas. Tempat-tempat batu akik biasanya berada di sungai, gunung, dan tebing. Tempat-tempat aliran sungai merupakan tempat terbaik bagi anda untuk mencari batu akik. Yang pertama sekali, anda harus mengetahui sejarah dari daerah tersebut. 

Apakah dahulunya daerah tersebut merupakan daerah gunung berapi?? Apakah  di daerah anda terdapat sumber mata air panas bumi? Jika iya, kemungkinan batu akik cenderung lebih besar berada di sana.

Beberapa batuan akik yang memiliki kekristalan cukup bagus dan berasal dari indonesia salah satunya adalah kecubung. Kecubung memiliki tingkta kekristalan yang tinggi. Untuk mencari sebuah batu akik, anda dapat menelusuri sungai atau arah aliran larva jika ditempat anda terdapat gunung berapi.

Giok 20 Ton di Hutan Nagan Raya, Aceh
Mencari batu akik gampang-gampang sulit. Anda memerlukan alat seperti martil dan senter untuk mengetes sebuah batu akik. Batu akik yang berkualitas baik terdapat di aliran sungai dan di tebing-tebing curam yang ada di hutan. Pastikan bahwa aliran sungai di daerah tersebut tidak tercemar oleh limbah dari pabrik, jika sungai tersebut sudah tercemar, maka kualitas dari batu akik nya tidaklah terlalu baik.

Selengkapnya simak: Cara Mencari dan Menemukan Batu Akik Sendiri

Indonesi merupakan negara penghasil batuan alam dengan jenis terbanyak di dunia. Hal ini dikarenakan hampir seluruh daerah di Indonesia menghasilkan batu mulia yang memiliki kualitas yang baik. Sudah tahu di daerah mana saja? Kalau begitu mari kita simak Daftar Daerah Penghasil Batu Akik di Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar