Selasa, 17 Maret 2015

Adakah Manfaat Air Garam Untuk Batu Akik ?

Mar 17, 2015 - Dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Komponen kation dan anion ini dapat berupa senyawa anorganik seperti klorida (Cl−), dan bisa juga berupa senyawa organik seperti asetat (CH3COO−) dan ion monoatomik seperti fluorida (F−), serta ion poliatomik seperti sulfat (SO42−). Natrium klorida (NaCl), bahan utama garam dapur adalah suatu garam.

Ada banyak macam-macam garam. Garam yang terhidrolisa dan membentuk ion hidroksida ketika dilarutkan dalam air maka dinamakan garam basa. Garam yang terhidrolisa dan membentuk ion hidronium di air disebut sebagai garam asam. Garam netral adalah garam yang bukan garam asam maupun garam basa. Larutan Zwitterion mempunyai sebuah anionik dan kationik di tengah di molekul yang sama, tapi tidak disebut sebagai garam. Contohnya adalah asam amino, metabolit, peptida, dan protein.

Larutan garam dalam air (Misalnya natrium klorida dalam air) merupakan larutan elektrolit, yaitu larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Cairan dalam tubuh makhluk hidup mengandung larutan garam, misalnya sitoplasma dan darah. Tapi, karena cairan dalam tubuh ini juga mengandung banyak ion-ion lainnya, maka tidak akan membentuk garam setelah airnya diuapkan.

Baca juga : Batu Bulu Macan Harga Khasiat dan Manfaatnya

Perawatan batu akik memicu beberapa kalangan untuk berinovasi menciptakan larutan yang dapat membuat batu akik lebih memiliki kekerasan dan juga memiliki kekristalan . Seperti yang sudah beredar di kebanyakan artikel di internet, mengungkapkan bahwa air garam dapat memberi manfaat untuk batu akik . Benarkah ?

Sampai saat ini belum ada data yang pasti mengenai manfaat air garam untuk batu akik . Uji coba perlu anda lakukan untuk memastikan hasil yang anda dapatkan . Jika ternyata  air garam membuat batu lebih rapuh , mka sebagaiknya anda hentikan percobaan . Untuk melakukan percobaan , anda bisa mencobanya untuk jenis batu krikil .



Perlu anda ketahui , bahwa  batu akik memiliki kandungan unsur yang berbeda-beda . Reaksi yang ditimbulkan mungkin akan berbeda-beda pula . Untuk itu , anda harus terus berinovasi selagi terus mencoba pengetahuan yang sudah ada . Disebutkan bahwa air garam dapat menghilangkan retak yang ada didalam batu akik . Namun kami belum mencoba hal ini , beberapa cara yang sudah pernah kami coba adalah merendamnya dengan minyak makan dan minya telon . Untuk lebih jelasnya , anda dapat menyimak Cara Menghilangkan Retak Pada Batu Cincin

5 komentar: