Rabu, 18 Maret 2015

Cara Merawat Batu Black Opal Kalimaya

Cara merawat batu black opal kalimaya memang mudah-mudah gampang. Batu black opal kalimaya adalah jenis batu kuarsa yang mengandung beberapa unsur. Salah satu keunikan pada batu ini adalah perubahan pada motif warnanya. Warna batu black opal akan kusam bila anda tidak rutin memberikan treatment atau perawatan kepada batu tersebut. Untuk merawat batu ini, yang anda perlukan hanyalah berupa kain dan air hangat.


Fungsi menggosok batu black opal dengan kain yang diberikan air panas atau hangat adalah agar lapisan dari batu tidak mengalami perubahan dikarenakan temperatur suhu yang ada di sekitarnya. Selain itu, menggosok batu black opal dengan kain yang sudah diberi air panas akan membuat warna pada batu lebih kuat dan menyala.

Cara diatas sebenarnya sudah cukup ampuh untuk merawat batu black opal milik anda. Dikarenakan, perwatan batu black opal tidaklah terlalu memerlukan banyak trik didalamnya. Dengan cara ini, anda sudah bisa membuat batu black opal kesayangan anda terlihat lebih baik.

Selain itu juga, ada kendala yang biasanya diterima oleh pemilik batu black opal, dimana ditemukan black opal yang tidak keluar Jarong atau warnanya. Hal ini tentunya menimbulkan pertanyaan bagaimana cara untuk mengeluarkan warna dari batu black opal.

Cara Mengeluarkan Jarong atau Warna Black Opal Kalimaya
  1. Masukkan batu kalimaya black opal kedalam wadah yang ada tutupnya.
  2. Masukkan air hujan kedalam wadah yang sudang berisi batu kalimaya black opal tersebut hingga terendam.
  3. Tutup wadah tersebut hingga rapat.
  4. Jemur batu kalimaya black opal yang sudah didalam wadah berisi air hujan tersebut dibawah matahari terik antara jam 12 sampai jam 2 siang atau kurang lebih selama 2 jam.
  5. Sesudah dijemur selama 2 jam angkat wadah tersebut dan disimpan di tempat bersuhu kamar dan usahakan tidak terkena cahaya langsung baik lampu maupun matahari, misalnya di dalam lemari atau dikolong tempat tidur.
  6. Seminggu sekali batu kalimaya black opal diambil dari wadah rendaman air hujan di lap dengan kain kering dan bersih lalu gosok menggunakan serbuk intan atau amplas yang sangat halus bila batu belum menampakkan kembang jarong.
  7. Lakukan proses (nomor 4) dan (nomor 5) setiap hari, dan seminggu sekali gosok dengan bubuk intan sambil dilihat apakah sudah ada perubahan pada batu kalimaya black opal tersebut.
  8. Biasanya perubahan akan terjadi setelah dilakukan selama 3 bulan. Bila perlu tambahkan waktu menjemur menjadi 3 jam dimulai pukul 11 sampai pukul 2 siang.

Baca juga : Cincin Yang Dipakai Nabi Muhammad SAW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar