Sabtu, 21 Maret 2015

Cara Mencari dan Menemukan Batu Akik Sendiri

Batu akik kini menjadi trend di indonesia, pria maupun wanita sangat senang memakainya. Seiring dengan trend batu akik yang kian melambung tinggi, membuat harganya pun semakin tidak terjangkau oleh kita yang notabene tidak memiliki uang lebih untuk mengalokasikan uangnya untuk membeli perhiasan batu akik. Namun, tanpa menggunakan uang, anda dapat memiliki batu akik sendri secara gratis. Bagaimana caranya?

Yang perlu anda ketahui bahwa batu akik adalah batuan yang berasal dari alam. Namun karakteristik dan kandungan batunya, membuat batu tersebut memiliki nilai jual yang tinggi. Sejak dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal batu akik sebagai bagian dari perhiasan. Jika anda tidak memiliki uang untuk membeli batu akik, bisa jadi lingkungan anda memungkinkan untuk anda menemukan batu akik secara gratis di alam, tetapi ingat ! jangan sampai anda merusak alam itu sendiri. Syukur-syukur jika batu akik yang anda temukan memiliki nilai jual yang tinggi karena keunikannya.

Jika di daerah anda memiliki karakteristik banyaknya bebatuan, seperti kerikil, batu padas, dan lain-lain merupakan ciri-ciri jika ditempat anda terdapat batu akik. Untuk menemukannya, kita harus mempersiapkan alat-alatnya terlebih dahulu.

Alat Yang Digunakan Untuk Mencari Batu Akik

Seperti berperang, kita tentunya memerlukan peralatan perang. Sama hal nya dengan kita mencari batu akik di alam, tentu kita juga memerlukan perlatan tersebut. Apa saja peralatannya?. Peralatan-peralatan dibawah ini merupakan bagian dari peralatan yang harus dibawa oleh anda. Jika anda sedikit berinovasi, anda bisa menambahkan peralatannya.
  1. Martil - Alat yang pertama adalah martil. Jika anda tidak memiliki martil, anda dapat menggunakan besi yang sedikit panjang. Fungsi dari alat ini adalah mengetahui karakteristik batu dengan memukul lapisan luarnya yang tertutup oleh tanah atau lumut.
  2. Senter - Alat yang kedua adalah senter. Dengan menggunakan senter, anda dapat mengetahui apakah jenis batu tersebut tembus cahaya atau tidak. Jika tembus cahaya, kemungkinan besar bahwa batu tersebut adalah akik. Namun tidak semua akik memiliki karakteristik tembus cahaya, jangan lupa memperhatikan corak yang terdapat pada batu tersebut.

Cara Menemukan dan Mencari Batu Akik di Lingkungan Rumah

Anda bisa mencarinya di lingkungan rumah anda. Artikel kami tidak menganjurkan anda untuk merusak lingkungan karena berburu batu akik. Bijak dalam bersikap, karena batu juga sangat bermanfaat bagi struktur tanah di lingkungan anda. Artikel kami hanya bermaksud membuka fikiran anda untuk segala sesuatu yang ada di alam dan di lingkungan anda.

Mulailah dari lingungan rumah, perhatikan batu-batu yang ada di tanah. Pada umumnya batu yang berada di tanah hanyalah batu krikil yang mudah lapuk dan tidak cocok untuk dijadikan perhiasan batu akik. Jika tidak ada apapun yang anda dapatkan di lingkungan rumah, anda dapat pergi ketempat yang memiliki aliran sungai. 



Sungai merupakan tempat yang paling ideal untuk anda menemukan batu akik. Banyak sungai di indonesia yang menghasilkan batu akik ternama dan terpopuler. Mungkin saja, sungai di lingkungan anda terdapat batu akik dan mungkin saja akan menjadi batu akik terpopuler berikutnya. Contohnya  saja adalah batu akik sungai dareh dan batu akik sungai klawing. Terkait hal ini, simak terlebih dahulu Melihat Batu Akik Sungai Klawing

Untuk mempermudah anda dalam menemukan batu akik, berikut ciri-ciri batu yang bisa dijadikan batu akik.
  • Batu yang bisa dijadikan akik memiliki karakteristik keras dan bermotif. Anda dapat mengujinya dengan memukulkan batu tersebut dengan martil. Jika batu tersebut tidak hancur seperti tanah, kemungkinan besar batu tersebut dapat diasah dan digosok menjadi batu akik. Namun jika batu pecah, atau terdapat lempengan yang terpisah, yang demikian merupakan ciri-ciri jika batu tersebut bisa dijadikan batu akik.
  • Tembus cahaya. Jika anda mendapatkan batu yang tembus cahaya, kemungkinan besar batu tersebut dapat dijadikan batu akik. Namun jangan terfokus pada batu yang tembus cahaya, seperti apa yang kami sebutkan diawal bahwa ada sebagain batu akik yang memiliki karakteristik tidak tembus cahaya.
Batu Giok Aceh 20 Ton Yang Ditemukan Warga
Untuk lebih memahami karakteristik bongkahan batu akik. Anda dapat pergi sambil berjalan-jalan ketempat pedagang batu akik yang menjual bongkahan. Dari situ, anda dapat mempelajari  tipikal batu yang dapat dijadikan batu akik.

Manfaat Mencari dan Menemukan Batu Akik Sendiri

Manfaat apa yang akan anda dapatkan kalau anda menemukan batu akik sendiri?. Berikut manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda berhasil menemukan batu akik sendiri.
  1. Dapat memiliki batu akik tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.  
  2. Anda dapat menjual batu akik tersebut untuk menambah pendapatan.
  3. Jika anda menemukan batu akik yang unik, dan batu tersebut hanya terdapat di daerah anda, anda dapat menjadi orang yang terkenal. Untuk membuat anda terkenal, anda dapat menamakan batu tersebut dengan nama panggilan anda.
Siapakah orang yang pernah berhasil melakukan hal tersebut?. Di adalah Abah Edong, sang penemu batu akik pancawarna. Saat ini, batu akik yang berasal dari tempanya menggali batu dinamakan batu akik edong. Untuk lebih jelasnya, anda dapat membaca Kisah Abah Edong Menemukan Batu Akik Panca Warna

Search terms:
cara mencari batu akik di tanah
cara mencari batu akik di sungai
cara mencari batu akik di pantai
cara mencari batu akik di kali
cara mencari batu akik dengan mudah
cara mencari batu cincin di alam
cara mencari bahan batu akik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar