Minggu, 08 Maret 2015

Daftar Daerah Penghasil Batu Akik di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara penghasil batu mulia dengan jenis terbanyak di dunia. Tidak heran, jika banyak para kolektor lokal dan internasional berburu batu mulia yang berasal dari daerah-daerah di Indonesia. Jika ditelusuri lebih dalam, ternyata hampir disetiap daerah di indonesia memiliki batu akik jagoannya masing-masing. Bukan membanding-bandingkan kualitas batu akik tersebut, namun disetiap daerah memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing.

Indonesia merupakan negara dengan bibir pantai terluas dan pemilik gunung aktif terbanyak di dunia. Tidak heran jika indonesia masuk dalam kategori 10 negara penghasil batu permata mulia terbesar di dunia. Kurangnya dukungan pemerintah, disinyalir membuat nilai dari batu akik yang berasal dari indonesia dipandang rendah. Padahal, jika dilihat dari segi kualitasnya, batu mulia yang ada di indonesia tidak kalah dengan batu-batu yang berasal dari luar.

Untuk mengenal daerah-daerah mana saja yang termasuk penghasil batu akik terpopuler di indonesia , kami akan merangkumnya khusus untuk pembaca yang dikutip dari berbagai sumber.

Solok Selatan, Sumatera Barat

Wilayah Sumatera Barat memang terkenal sebagai penghasil batu berkualitas. Salah satunya, Batu Idocrase Sungai Dareh. Jenis batu permata yang kini mendunia itu datang dari lokasi terpencil di Nagari Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan. Batu Idocrase Sungai Dareh memiliki ciri berwarna hijau terang dengan motif totol lumut di dalam batunya.

Batu Sungai Dareh
Ketenaran batu asli Sumatera Barat ini kian memuncak tatkala tersiar kabar bahwa batu tersebut juga dipakai oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang merupakan pemberian dari presiden Indonesi kala itu SBY. Simak juga, Batu Akik Yang Dipakai SBY

Pacitan, Jawa Timur

Penemuan batu mulia jenis kalsedon membuat Kabupaten Pacitan yang berada di ujung barat Jawa Timur ini menyedot wisatawan datang. Batu kalsedon sebenarnya banyak dihasilkan di Jawa Barat dan Sulawesi Tenggara, namun penemuan batu jenis ini di Pacitan sempat menghebohkan karena kualitasnya yang dianggap sangat baik.
Batu jenis ini memiliki berbagai warna mulai dari merah, kuning, biru, hingga jingga, tapi yang utama ialah hijau. Di Pacitan sendiri batu kalsedon paling banyak ditemukan berwarna putih sampai abu-abu, biru-keabu-abuan dan coklat terang sampai coklat gelap.

Pulau Kasiruta, Maluku Utara

Salah satu jenis batu akik yang paling banyak digandrungi para kolektor saat ini adalah batu bacan. Namun dari mana asal batu ini? Banyak orang salah mengartikan bahwa batu mulia ini berasal dari Pulau Bacan, padahal sebenarnya pulau penghasil batu bacan adalah pulau Kasiruta, Maluku Utara. Penasbihan nama batu bacan sendiri diawali dari tempat pertama kali batu jenis ini diperjualbelikan yaitu di pulau Bacan.
Batu Bacan
Berdasarkan data pasaran batu akik, Batu Bacan merupakan jenis batu akik termahal di Indonesia. Batu ini memiliki nilai jual jutaan bahkan sampai ratusan juta.

Tanjung Bintang, Lampung Selatan

Batu akik bungur Tanjung Bintang merupakan salah satu batu mulia yang paling banyak diburu oleh para kolektor. Kabarnya batu bungur di salah satu kabupaten Lampung Selatan ini memiliki kualitas nomor satu di dunia. Ciri khas batu akik bungur Tanjung Bintang adalah warnanya yang ungu bening maka tak jarang batu akik ini disebut juga dengan Kecubung Bungur.

Kebumen, Jawa Tengah

Para pecinta batu akik kini tengah gencar memburu batu di Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Yang menyebabkan nama daerah tersebut naik daun adalah fenomena batu akik badar besi yang memiliki kandungan besi sehingga bisa menempel pada magnet jika didekatkan. Bahkan beberapa kasus batu ini mengandung magnet yang dapat menarik besi. Jenis batu akik ini menjadi salah satu yang paling banyak diburu para kolektor.

Nagan Raya, Aceh

Pernah mendengar penemuan batu akik yang seberat 20 ton?. Nah, daerah penemuan tersebut ada di Nagan Raya, Aceh. Nagan Raya merupakan daerah penghasil batu akik yang memiliki kualitas terbaik. Salah satu batu yang berasal dari nagan raya dan menjadi fenomenal di Indonesia adalah batu bio solar. Batu bio solar yang berasal dari Nagan Raya diklaim memiliki kualitas unggulan. Tidak hanya bio solar, daerah tersebut juga memiliki jenis-jenis batu giok lainnya yang sudah terkenal di seluruh indonesia.
Batu Bio Solar Aceh Yang Fenomenal
Sebenarnya banyak lagi daerah-daerah di Indonesia yang menghasilkan batu berkelas. Namun kami tidak dapat menyebutkan keseluruhannya. Yang pasti, hampir seluruh daerah di Indonesia menghasilkan batuan alam yang memiliki nilai jual tinggi. Simak juga, Batu Akik Terpopuler di Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar