Selasa, 31 Maret 2015

Mengatasi Batu Akik Berkapur Saat Diasah

Ada beberapa jenis batu yang mengalami reaksi saat sedang diasah. Reaksi tersebut adalah naiknya zat kapur yang terdapat pada batu hingga muncul ke permukaan lapisannya. Tentu hal tersebut sangat tidak indah bila dipandang mata. Kejadian seperti ini mungkin saja pernah anda alami atau anda baru mengalaminya hari ini. Dan mungkin saja anda ingin bertanya apa yang menyebabkan batu akik milik anda tiba-tiba memutih seperti berkapur saat diasah atau digosok?

Beberapa jenis batu akik yang berasal dari pegunungan memang memiliki struktur mineral yang berbeda dengan jenis batu sungai. Beberapa dari jenis batu sungai tidak memiliki kapur yang terlalu banyak bila dibandingkan dengan batuan yang berasal dari pegunungan. Oleh karena itu, anda seharusnya mengenali terlebih dahulu karakteristik batu milik anda sebelum akhirnya anda memutuskan untuk digosok atau diasah kepada pengerajin.

Umumnya, warna putih yang muncul pada batu akik diakibatkan oleh suhu pengasahaan yang terlalu panas. Saat batu mendapatkan gesekkan dari grenda atau batu asah, maka akan tercipta reaksi panas yang jika melebih batas akan menyebabkan batu akik menjadi retak. Kalaupun tidak retak, maka akan muncul seperti kapur pada lapisan batu tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, anda harus mengingatkan pengerajin batu untuk memperhatikan tingkat suhu batu saat sedang diasah atau digosok. Hal ini sangat penting, untuk memastikan batu akik anda tetap terjaga dari resiko retak atau keluar warna putih seperti kapur. Untuk menghilangkan warna putih tersebut, disebutkan sangatlah sulit untuk dilakukan. Apalagi, warna tersebut bersatu padu dengan warna asli batu dikarenakan suhu panas pada batu yang sudah kami jelaskan sebelunya.

Mengatasi Batu Akik Berkapur Saat Diasah


Tetapi, jika anda merasa resah dengan warna putih yang muncul pada batu akik kesayangan anda. Anda beberapa tips dan trik yang mungkin bisa menghilangkan warna putih tersebut. Namun kami tidak bisa memastikan 100% keberhasilan dari cairan tersebut. Karena seperti apa yang sudah dijelaskan diawal, bahwa kandungan mineral yang ada pada tiap-tiap batu tidaklah sama. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak Cara Menghilangkan Kapur Batu Akik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar