Kamis, 19 Februari 2015

Museum Batu Giok Dibangun di Aceh


Banda Aceh - Kabar gembira bagi pecinta batu di Tanah Air. Banda Aceh kini punya Museum Batu Giok yang memamerkan koleksi batu alam dari Aceh. Selain bisa melihat beragam koleksi, wisatawan juga mendapat banyak informasi batu giok.

Aceh menjadi salah satu daerah penghasil batu alam yang diminati penggila batu di tanah air. Tentunya asyik sekali untuk melihat berbagai batu-batu keren di ruangan yang nyaman. Pecinta batu dijamin betah di dalam museum ini!


Museum Batu Giok didirikan di Jl Khairil Anwar, Peunayong, Banda Aceh. Inilah museum batu giok pertama yang dibangun di Indonesia. Museum ini terbuka untuk semua wisatawan yang tertarik dengan batu giok.


Museum Batu Giok baru saja diresmikan pada tanggal 3 Februari 2015 lalu oleh Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf. Museum ini memamerkan koleksi batu alam milik Muhammad Usman atau dikenal juga dengan nama Abu Usman Top Idocrase.


Setidaknya, ada 20 jenis batu yang dipajang di museum ini. Termasuk batu jenis Idocrase Aceh yang memiliki kualitas nomor satu di dunia. Kedepannya, koleksi batu juga akan terus ditambah.


Berbagai koleksi batu dipajang di sebuah gedung lima lantai. Lantai pertama digunakan sebagai galeri, lantai kedua hingga keempat dipakai untuk ruangan pamer aneka batu, sedangkan lantai paling atas difungsikan sebagai kantor museum dan aula.

Museum batu Giok ini didirikan dengan tujuan memperkenalkan berbagai batu alam dan menjadikan Aceh sebagai salah satu destinasi wisata batu. Museum juga berfungsi sebagai tempat edukasi mengenai batu alam dari Aceh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar