Jumat, 20 Februari 2015

Cara Membuat Batu Akik Sendiri Dirumah

Membuat batu akik memang membutuhkan keterampilan tersendiri. Ada yang menyebutkan jika membuat batu akik gampang-gampang sulit. Tetapi, jika anda memang ingin membuat batu akik sendiri dirumah, kami akan memberikan pengetahuannya kepada anda. Perlu diingat, bahwa cara ini adalah cara yang sangat sederhana dan bisa anda terapkan dirumah tanpa memerlukan alat-alat pengasah.

Untuk membuat batu akik sendiri, yang perlu anda persiapkan diawal adalah batu mentah / batu yang belu diasah. Ada banyak yang menjual batu akik mentah dengan berbagai jenis ukuran maupun tipenya. Yang perlu anda perhatikan bahwa batu mentah yang anda beli terbebas dari kapur. Yang dikhawatirkan adalah kapur lebih tebal daripada batu inti nya.

Setelah itu, yang harus anda persiapkan adalah batu asah. Batu asah ini bisa anda beli di toko bangunan terdekat. Batu asah yang baik tentu memiliki harga yang relatif mahal. Coba pilihlah batu asah yang halus, agar disaat anda mengasah batu akik, batu akik milik anda tidak mengalami retakkan ataupun combelan.

Setelah anda membeli batu asah. Maka yang harus anda beli adalah dinamo. Dinamo ini sendiri bisa yang berukuran kecil. Ukuran untuk memarut kelapa. Anda pasti sudah mengetahui tentang permasalahaan dinamo. Jika anda kurang memahaminya, cobalah untuk menanyakannya langsung ke penjual dinamo terdekat di kota anda. Untuk harganya sendiri berkisar antara 200 ribu - 400 ribu rupiah. Tergantung ukuran dan power dari dinamo tersebut.

Setelah itu beli lah gerenda tangan, atau alat pemotong keramik. Alat ini digunakan untuk memotong batu mentah menjadi ukuran yang lebih kecil sebelum diasah. Pastikan bahwa alat tersebut bagus. Cobalah konsultasi terlebih dahulu sebelum membelinya.

Setelah alat-alat diatas sudah anda penuhi. Maka cobalah rombak sesuai dengan imajinasi atau ide dari fikiran anda sendiri. Pilihlah sesuatu yang dapat membuat anda bekerja dengan mudah.

Adapun beberapa bahan lainnya yang bisa anda tambahkan adalah kertas pasir ukuran 1500, atau serbuk intan yang dapat anda gunakan saat tahap finishingnya nanti.

Cara Membuat Batu Akik

Yang pertama sekali adalah memotong batu akik menjadi berbentuk kotak dengan menggunakan grenda tangan. Jika anda memiliki batu yang besar, maka anda perlu alat pemotong batu yang lebih baik lagi.

Setelah batu mentah terpotong kecil kota-kotak, sekarang giliran anda dalam membentuk batu akik sesuai keinginan anda. Ada beberapa bentuk batu akik yang saat ini digeluti oleh pecinta batu akik, antara lain Bulat, Oval, dan Lonjong. Pastikan anda telah meratakan bagian bawah batu tersebut sebelum anda membentuk sesuai keinginan anda.

Dalam membentuk batu akik, perhatikan setiap sudut-sudutnya. Jangan sampai ada yang baling atau tidak sama dikedua sisinya. Dalam memotong dan mengasah batu akik, jangan lupa untuk selalu memberikan air. Hal ini dianjurkan untuk menjaga suhu pada batu akik agar tidak terjadi retakkan atau pecah.

Cara Membuat Batu Akik Sendiri Dirumah
Bisnis Rumahan Pengerajin Batu Akik
Setelah pembentukkan selesai, tibalah pada tahap finishing. Tahap ini anda dapat melakukan proses pengkilapan. Ada banyak cara untuk membuat batu akik menjadi lebih mengkilap, salah satunya dengan menggunakan serbuk intan. Simak juga Cara Membuat Batu Cincin Lebih Mengkilat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar