Kamis, 30 April 2015

Fakta Unik Batu Akik Yang Harus Kamu Ketahui

 Apr 30, 2015 - Batu akik saat ini masih menunjukkan eksistensinya dikalangan masyarakat indonesia. Hingga meledaknya pamor batu di akhir 2014 yang lalu, kini batu akik tetap saja masih menjadi yang paling dibicarakan, baik di masyarakat, media, dan lain-lain di tahun 2015.

Indonesia merupakan negara yang subur akan bahan atau bongkahaan batu akik. Baik yang berasal dari pegunungan, sungai, dan di dataran rendah yang memiliki struktur tanah bebatuan, bisa anda temukan berbagai macam batu akik mulia yang memiliki kualitas unggulan.

Bahkan, kualitas dan keunggulan jenis batu akik/Agate yang berasal dari Indonesia terdengar kabarnya hingga ke negara-negara sahabat. Jangan salah, indonesia hanyalah sebagian dari negara di dunia yang memiliki komunitas pecinta batu akik.

Selama ini kami terfokus pada artikel tentang pengenalan, tips dan perawatan tentang batu akik. Untuk menghibur anda semua para pembaca setia blog pengrajin-batu-akik.blogspot.com, kami akan membeberkan beberapa faktu unik tentang batu akik di Indonesia.

1. Harga Batu Akik Mengalahkan Berlian

Hal ini tentunya sudah pernah anda dengar sebelumnya. Harga dari batu akik yang mencapai miliaran rupiah, membuat jenis intan atau berlian turun pamornya. Pada saat ini, berbagai macam jenis batu akik yang dikonteskan dan di lelang bisa mencapai harga yang sangat fantastis. Umumnya, jenis batu akik yang dibandrol dengan harga miliaran, harus memiliki keunikan dari warna, corak, motif dan lainnya.

Terkait hal ini, jangan lewatkan Batu Akik Termahal di Indonesia 2015

2. Pemakai Batu Akik Dianggap Dukun

Kalau dahulu anda pasti mengasumsikan jika orang yang memakai batu akik adalah seorang dukun atau orang yang memiliki kemampuan spritual. Di jaman saat ini, persepsi tersebut juga belum hilang. Orang yang memakai batu akik besar, dianggap sebagai dukun atau orang pintar. Berdasarkan pantauan kami, pemikiran orang tentang batu akik adalah cincin dukun, perlahan-lahan hilang setelah banyak wanita yang juga memakai batu akik.

3. Bongkahan Batu Akik Dijual Murah

Ternyata, bongkahan batu akik dijual sangat murah bila dibandingkan dengan batu yang sudah menjadi cincin. Perbandingan harganya juga sangat jauh. Sebuah bongkahan batu akik pancawarna yang seberat 1 kg, bisa dijual seharga 400 - 500 ribu rupiah. Namun, untuk sebuah batu panca warna yang sudah menjadi cincin, bisa dijual dengan harga 400 - 800 ribu rupiah. Padahal, biaya pembuatannya tidak sebanyak perbandingan harga dari bongkahan batu tersebut.

4. Masih Banyak Yang Belum Tahu Nama Batu Akik

Walaupun indonesia merupakan negara penghasil batu akik terbanyak di dunia, namun tetap saja masyarakatnya banyak yang belum mengetahui nama-nama batu akik. Hal ini dikarenakan minat untuk mempelajari jenis-jenis batu akik di indonesia sangatlah kurang. Padahal, batu akik bisa dijadikan sebagai salah satu sektor pariwisata, yang tentunya berhimbas pada ekonomi masyarakatnya.

5. Batu Akik Indonesia Diincar Oleh Bule

Tahukah anda bahwa jenis batu akik yang berasal dari Indonesia juga sangat diincar oleh para wisatawan dari mancanegara?. Jika diantara kita masih banyak yang malu memakai batu akik, orang bule justru sangat senang memakai batu cincin yang terbuat dari batu akik.

Menurut kabarnya, motif dan warna batu akik di indonesia, menjadi daya tarik para wisatawan yang berkunjung di indonesia.

6. Proses Pembuatan Batu Akik Masih Tradisional

Dari banyaknya pengerajin batu akik di Indonesia, ternyata masih banyak yang menggunakan peralatan tradisional dalam proses pembuatannya. Hanya dengan menggunakan batu gosok, bambu, dan kayu pete, sudah bisa membuat batu akik yang berkualitas. Hal ini menjadi nilai seni bagi mereka yang suka bergelut dengan proses pembuatannya. Proses pembuatan yang berlangsung beberapa jam, sudah bisa membuat model batu cincin yang berkualitas.



Pada saat ini, banyak penggemar yang lebih suka membeli batu bongkahaan, dan digosokkan kepada pengerajin, sesuai permintaan dari pemilik bongkahaan.


7. Batu Akik Dipercaya Membawa Keberuntungan

Salah satu fakta unik batu akik adalah dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan. Bagi mereka yang percaya, batu akik juga bisa mendatang rezeki, pengelaris usaha, dan lain-lain. Selain untuk kepentingan rezeki, batu akik juga dipercaya dapat mendatangkan nilai positif pada kehidupan asmara seseorang.

8. Batu Akik Bisa Berjalan

Salah satu keunikan yang ada didalam batu akik adalah bisa berjalan. Beberapa jenis batu akik yang bisa berjalan, tentunya memiliki harga yang mahal. Dengan memberikan jeruk nipis atau air cuka, batu akik tersebut akan berjalan di sebuah wadah. Konon katanya, batu akik yang bisa berjalan memiliki energi khodam yang sangat kuat.

9. Warung Batu Akik

Saat ini sudah tersebar dibeberapa daerah indonesia sebuah warung batu akik. Warung batu akik adalah tempat nongkrong para pecinta batu akik yang ada di wilayah tersebut. Salah satu warung batu akik ada di daerah Aceh. Jika anda tidak memakai batu akik, tentunya anda tidak boleh masuk kedalam warung tersebut.

10. Batu Akik Menghasilkan Lapangan Pekerjaan

Efek positif dari meningkatnya trend batu akik adalah berkembangnya lapangan pekerjaan diseluruh wilayah indonesia. Tidak hanya para pria saja, kini banyak juga para ibu-ibu yang mengasah batu akik untuk mencari pendapatan sampingan. Pada saat ini, biaya untuk menggosok batu akik menjadi berbagai bentuk, berkisar antara 25 - 40 ribu rupiah. Jika dalam satu hari saja mereka mendapatkan orderan pekerjaan sebanyak 5 buah batu akik, tentu penghasilannya bisa mencapai Rp 200 ribu dalam satu hari.

11. Kontes Batu Akik Memiliki Peminat Yang Tinggi

Tingginya minat masyarakat tentang batu akik sangat dirasakan oleh beberapa event organization yang menuliskan data tentang tingginya minat masyarakat dalam mengikuti kontes batu akik. Pada saat ini, kontes batu akik berlangsung di daerah-daerah seluruh indonesia. Setiap daerah, pasti sukses melangsungkan acara kontes batu akik.

12. Batu Akik Dipakai Oleh Tokoh-Tokoh Besar

Keindahaan dari batu akik juga dialami oleh para tokoh-tokoh besar bangsa ini. Hampir seluruh presiden indonesia memakai batu akik. Soekarno, Soeharto adalah salah presiden indonesia yang dahulu dikenal sangat suka batu akik. Bagaimana dengan presiden Jokowi?. Benar sekali, presiden jokowi juga sangat suka dan mengoleksi batu akik.


Demikian beberapa fakta unik tentang batu akik. Indonesia adalah negara yang menghasilkan bergam jenis batu akik. Jika orang luar negeri saja menghargai kekayaan negara kita, bagaimana dengan kita?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar