Sabtu, 11 April 2015

Tips dan Cara Mengasapi Batu Cincin

Batu cincin yang memiliki kualitas yang baik haruslah melewati beberapa syarat-syarat tertentu. Salah satunya adalah kekerasan dan keaslian dari batu tersebut. Beberapa jenis agate atau batu akik di Indonesia memang memiliki kekerasan yang rendah. Kekerasan batu akik di Indonesia berkisar antara 4 sampai 6 Skala Mohs. Berbeda dengan jenis-jenis batu permata yang memiliki kekerasan hingga 8 sampai 10 Skala Mohs.

Batu akik yang memiliki kekerasan yang tinggi tentu menambah nilai dan harga jualnya. Salah satu keunikan dari jenis batu akik di Indonesi terletak pada motif dan corak warnanya. Jenis batu akik yang berasal dari indonesia merupakan jenis agate paling terkenal di dunia. Indonesia terkenal karena variasi dan jenis batu akiknya yang begitu banyak. Salah satu jenis batu akik yang paling dicari oleh para kolektor batu cincin adalah jenis batu akik motif gambar. Karena hargnya yang cukup fantastis, membuat banyak yang berlomba-loma untuk mencarinya.

Untuk menambah kekerasan pada batu akik dalam artian agar batu akik anda tidak rapuh, ada beberapa teknik perawatan yang dikembangkan oleh banyak penggemarnya. Salah satunya adalah dengan mengasapi batu akik. Dengan mengasapi batu akik, tentu akan membuat struktur batu akan lebih menguat dan terhindar dari pelapukan. Cara ini terbukti aman dan tidak merusak batu akik anda.


Cara Mengasapi Batu Cincin Akik

Adapun aturan-aturan dan trik dalam mengasapi batu cincin haruslah dilakukan dengan benar. Tips ini harus dijalankan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut cara mengasapi batu akik dengan kayu bakar .
  • Persiapkan sebuah kayu bakar. Anda juga dapat menggunakan batok kelapa yang sudah dipecah-pecah. Kemudian bakarlah seperti biasa sampai meninggalkan arangnya saja. Usahakan sampai asap keluar dengan banyak.
  • Oleskan minyak jaitun atau minyak goreng ke permukaan lapisan batu akik anda. Oleskan hingga merata.
  • Letakkan batu akik diatas kayu bakar yang telah mengeluarkan asap banyak. Usahakan untuk menjaga jaraknya minimal 1 meter dari api.
  • Biarkan batu akik anda terkena asap selama 20 menit.
  • Jaga suhu kayu bakar. Jangan sampai terlalu panas. Jika suhu terlalu panas, jauhkan batu akik anda dari kayu bakar.

Tips Mengasapi Batu Cincin Akik

Tahapan - tahapan tersebut haruslah anda jalankan dengan sebaik-baiknya. Adapun beberapa tips dalam melaukan pengasapan batu akik adalah sebagai berikut :
  1. Untuk menempatkan batu akik diatas panggangan atau kayu bakar, anda dapat menggunakan kayu. Lengketkan batu akik anda dengan sebuah kayu ukuran panjang  . Usahakan ukurannya panjang, agar anda dapat menempatkan posisi tubuh jauh dari api. Api kecil merupakan teman, api besar merupakan lawan. Jadi tetap jaga keselamatan anda.
  2. Perhatikan dengan baik perubahan yang terjadi pada batu akik anda. Kayu bakar sudah dalam tahap menjadi arang, jangan sampai api membesar. Anda dapat melakukan improvisasi sesuai keadan yang terjadi.
  3. Jika minyak telah menghilang, oleskan kembali minyak jaitun dan minyak goreng.
Proses pengasapan batu akik hampir sama dengan mengasapi daging atau ikan. Hanya saja, untuk mengasapi batu akik suhu tidak boleh terlalu panas. Untuk mengakalinya, jaga jaraknya minimal 1 meter. Demikian tips dan trik cara mengasapi batu akik, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar