Kamis, 09 April 2015

Melihat Harga Batu Bacan Aceh/Giok Pirus

Aceh merupakan daerah dengan seribu jenis batu mulia. Tidak heran, apa saja jenis batu nya pasti ada di daerah serambi mekkah ini. Selama ini kita mengenal bacan hanya berasal dari daerah Maluku, tetapi ada juga Batu yang hampir menyerupai bacan di daer.. Aceh merupakan daerah dengan seribu jenis batu mulia. Tidak heran, apa saja jenis batu nya pasti ada di daerah serambi mekkah ini. Selama ini kita mengenal bacan hanya berasal dari daerah Maluku, tetapi ada juga Batu yang hampir menyerupai bacan di daerah Aceh. Warga sekitar menyebutnya dengan Giok Pirus/Pyrus. Sedangkan untuk penggemar batu cincin yang berasal dari luar daerah menyebutnya Bacan Aceh. Bacan Aceh memiliki ciri khas warna putih seperti batu Pyrus.

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, Batu ini pertama kali ditemukan Warga Lamno, Aceh Jaya di kawasan Gunung Geurutee, Kecamatan Jaya (Lamno) beberapa bulan terakhir ini. Sebenarnya ada beberapa jenis batu aceh yang hampir mirip dengan batu bacan, namun jenis Giok Pyrus Aceh merupakan jenis yang terbaik karena keunikan dari sisi warnanya.

Bagi anda yang kebetulan sekali memiliki jenis batu ini, batu ini merupakan jenis batu yang berasal dari Aceh. Jangan terkecoh dengan kalimat batu bacan. Dengan tingginya harga dari batu bacan, banyak pihak yang sengaja melekatkan nama Bacan pada jenis-jenis batu tertentu, sehingga harganya pun akan melambung tinggi. Sampai saat ini kami belum mengetahui kandungan dan mineral dari jenis Batu Giok Pyrus alias Bacan Aceh ini. Disebutkan bahwa batu ini mulai tersebar ke beberapa daerah di Sumatera.

Batu Bacan Aceh atau Giok Pirus
Bongkahan Bacan Aceh
Untuk harga pasarannya sendiri dibandrol dengan harga lebih kurang Rp 300 ribu - Rp 500 ribu untuk ukuran medium. Sedangkan untuk size large dibandrol dengan harga Rp 700 ribu. Demikian artikel singkat ini. Semoga bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar