Rabu, 08 April 2015

Cara Mengatasi Batu Akik Tidak Bisa Mengkilap

Batu akik anda tidak bisa mengkilap? Sudah pakai serbuk intan dan di gosok dengan beberapa alat, tetap saja belum bisa mengkilap?. Memang ada beberapa jenis batu akik yang tidak bisa mengkilap. Hal ini disebabkan karena kandungan mineral dan tekstur batu akik tersebut. Tapi cobalah terlebih dahulu menggunakan beberapa cara tradisional. Mungkin anda kurang lama dalam menggosoknya. Atau mungkin anda tidak memiliki serbuk intan?.

Beberapa cara tradisional dalam teknik pengkilapan batu akik masih dipakai hingga saat ini. Karena hasilnya yang sangat memuaskan dan juga sangat murah meriah. Beberapa cara mengkilapkan batu akik yang paling cepat adalah dengan menggunakan serbuk intan yang ditaburkan diatas kulit ataupun kain jeans. Sekedar info bagi anda yang kesulitan mendapatkan serbuk intan, anda dapat menggunakan beberapa teknik dan cara alternatif untuk mengkilapkan batu akik.

Yang pertama adalah menggunakan abu sekam padi. Teknik yang satu ini sudah mulai banyak dipakai oleh pengerajin yang ingin mengeluarkan modal kecil tanpa perlu membeli serbuk intan. Abu sekam padi nyatanya sangat ampuh untuk membuat batu akik menjadi mengkilap. Tetapi kami tidak dapat pastikan cara ini dapat berhasil apabila anda sudah mencoba serbuk intan namun tetap juga tidak berhasil. Untuk informasi selengkapnya mengani hal ini, anda dapat menyimak terlebih artikel berikut, Mengkilapkan Batu Akik Dengan Abu Sekam Padi

Yang kedua adalah menggunakan bubuk cat. Bubuk cat dapat anda gunakan sebagai pengganti serbuk intan. Teknik dan caranya tetap seperti menggunakan serbuk intan. Anda hanya perlu menaburkan bubuk cat diatas kulit atau sendal bekas, bisa juga kain jeans. Dan anda taburi seperlunya bubuk cat, dan kemudian gosok hingga merata ke permukaan batu akik. Teknik ini sama hasilnya seperti serbuk intan. Tetapi jika serbuk intan saja tidak bisa mengkilapkan batu akik anda, mungkin cara ini haruslah anda lewati.

Cara Mengatasi Batu Akik Tidak Bisa Mengkilap


Jika cara pertama dan kedua juga tidak bisa mengkilapkan batu akik anda, bisa dipastikan bahwa jenis batu yang anda miliki termasuk dalam kategori batu yang tidak memiliki kandungan mineral yang tinggi. Sehingga kekristalan tidak dapat diciptakan dengan cara menggosoknya. Kunci sukses mengkilapkan batu akik adalah dengan menutup pori-pori lapisan dengan berbagai teknik. Yang paling umum dilakukan adalah dengan menggosoknya. Pada saat ini banyak yang melakukan teknik curang, dengan cairan celupan batu akik. Sehingga batu akik akan terlihat sangat mengkilap dan cantik.


Untuk anda yang memiliki karakteristik batu yang tidak bisa mengkilap, yang harus anda pastikan pertama sekali adalah batu anda lulus dari kecacatan. Maksudnya adalah retakkan, lubang, dan sebagainya. Jika cara-cara diatas tidak bisa mengkilapkan batu anda, maka yang harus anda lakukan adalah memolesnya dengan minyak. Bisa minyak makan atau juga minyak jaitun. Oles minyak ke permukaan batu tersebut. Cara ini sebagai alternatif agar batu anda terlihat mengkilap walaupun sifatnya tidak permanen, tetapi sudah dapat memperlihatkan kekilapan batu anda. Jangan sampai batu anda terkena kain atau hal-hal lainnya yang dapat menghilangkan minya di permukaan batu tersebut. Atau anda dapat menyimak juga Penyebab Batu Akik Tidak Bisa Mengkilap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar