Rabu, 15 April 2015

Cara Mengasah Batu Akik Yang Benar

Mengasah batu akik adalah proses yang dilakukan sebelum batu akik dipakai menjadi cincin, liontin, kalung, dan lain-lain. Teknik mengasah batu akik tentunya berbeda-beda disetiap daerah. Pada saat ini, para pengerajin batu akik masih banyak menggunakan teknik manual dan tradisional tanpa menggunakan mesin pengasah batu akik. Jika anda ingin lebih tahu tentang teknik mengasah batu akik yang benar, maka anda harus membaca artikel ini tanpa ada yang terlewat sedikitpun.

Pada umumnya saat ini pengerajin atau pengasah batu akik menggunakan mesin dinamo yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa hingga bisa memutar batu asah secara maksimal. Dengan mesin ini, diharapkan pengerjaan batu akik dapat berjalan dengan cepat dan lebih efisien waktu dan tenaga.

Dalam teknik mengasah batu akik yang benar, diperlukan ketelitian dan insting yang kuat untuk melihat bentuk dari sebuah batu akik. Jika anda tidak memiliki insting yang kuat, tentu hasil pengerjaan anda tidak akan maksimal dan akan terlihat buruk. Insting mengasah batu akik dapat dilatih dengan membiasakan mengasah batu akik. Pengalaman adalah guru yang paling berharga dalam hal ini.

Cara Mengasah Batu Akik Yang Benar


Setiap pengasah batu akik, harus mengetahui dengan pasti karakteristik dari sebuah batu yang memiliki kekerasan yang rendah atau kekerasan yang tinggi. Dengan mengenal karakteristik dari sebuah batu akik, anda dapat mengasah batu tanpa adanya resiko kerusakan pada batu akik. Untuk jenis batu akik yang memiliki kekerasan yang rendah, tentunya anda membutuhkan kesabaran. Selain itu juga anda perlu untuk menjaga suhu dari batu yang anda kerjakan.

Proses pembentukan dari sebuah batu akik juga harus diperhatikan. Dimana banyak pengasah batu akik yang belum memahami sepenuhnya cara membentuk batu akik. Membentuk batu akik menjadi bulat, lonjong atau sesuai selera membutuhkan skill yang harus dilatih. Anda dapat mencontoh bentuk dari sebuah batu yang sudah diasah sebelumnya oleh orang lain. 

Untuk membentuk batu akik, yang harus anda lakukan hanyalah membentuk sebuah pola. Pola ini yang nantinya akan anda ikuti. Pola tersebut adalah bentuk dari batu cincin bila dilihat dari atas. Awalnya anda memerlukan ketelitian dalam hal tersebut. Insting diperlukan untuk bisa membuat pola yang cantik dan sesuai dengan ukurang ikatan atau cangkang dari batu cincin.

Setelah proses pembentukan pola, yang harus anda lakukan adalah pembentukan sisi. Sisi adalah bagian yang bila anda lihat dari samping. Sisi ini bisa anda ukur melalui bagian utara dan selatan batu. Selalu memperhatikan bentuk dan pola. Tetap jaga pola yang sudah dibentuk diawal. 

Cara mengasah batu akik yang benar adalah tetap menjaga suhu dari batu tersebut. Gesekkan batu akik dengan batu asah membentuk suhu yang sangat panas. Biasanya para pengerajin mengakalinya dengan menggunakan infus buatan yang selalu meneteskan air diatas batu asah. Batu akik yang memiliki kekerasan yang rendah, sangat rentan retak bila suhu saat mengasah terlalu panas. Jangan sampai mengasah lebih dari 5 detik. Kasih jedah saat anda memasukkan batu akik kedalam air.

Untuk artikel lengkap tentang mengasah batu akik, kami telah menuliskannya sebelumnya secara lengkap khusus untuk anda pembaca blog pengrajin-batu-akik.blogspot.com, untuk itu anda dapat membaca secara langsung Proses Pembuatan Batu Akik Lengkap

1 komentar:

  1. Buktinya apa ibu sudah berhasil..kl bener saya akan ikutin arahan.y asal tidak musrik dan tidak keluar dari Sariat Islam..

    BalasHapus