Sabtu, 04 April 2015

Melihat Jenis-Jenis Batu Kecubung di Indonesia

Batu kecubung atau ametis merupakan jenis batuan mineral kuarsa. Batu kecubung merupakan batu lahir bagi seseorang yang lahir di bulan Februari. Batu kecubung biasanya berwarna ungu sampai merah muda. Dalam sejarah, ungu merupakan warna yang digunakan oleh raja, ratu, dan anggota keluarga kerajaan lain. Karena itulah, para penguasa sering memiliki berlian yang terbuat dari batu kecubung.

Adapun banyak penamaan batu akik di indonesia yang memiliki tektstur batu yang berwarna jernih, selalu dinamakan dengan batu kecubung. Hal ini diduga untuk memudahkan penggemar batu dalam menandai jenis-jenis dari batu akik. Adapun jenis dan macam-macam batu kecubung yang paling sering beredar di pasaran adalah sebagai berikut,

Batu Kecubung Wulung

Batu kecubung wulung adalah penamaan untuk jenis batu yang memiliki ciri-ciri warna hitam namun berbeda warna apabila diberi cahaya. Adapun jenis-jenis dari kecubung wulung sangatlah banyak. Tergantung dari warna dalam dari batu tersebut. 
Gambar Kecubung Wulung Ungu
Adapun beberapa jenis batu kecubung wulung yang terkenal adalah sebagai berikut,
  1. Kecubung Wulung Api
    Kecubung jenis ini adalah batu akik dengan ciri-ciri berwarna hitam namun apabila disenter akan terlihat warna merah. Penamaan kecubung api diduga kuat dari warna batu apabila disenter terlihat merah seperti api. Padahal jika tidak disenter batu ini menunjukkan warna yang hitam. Dan ini lah ciri-ciri dari batu kecubung wulung.
  2. Kecubung Wulung Ungu
    Kecubung jenis ini adalah batu akik dengan ciri-ciri warna hitam namun apabila disenter akan terlihat warna ungu. Ada yang menyebutkan di pasaran batu ini dengan sebutan batu kecubung lavender. Batu ini sangat cocok dipakai oleh wanita dan juga pria. Gambar tertera diatas.
Ada beberapa jenis batu kecubung wulung lainnya. Bagi anda yang ingin menguasai penamaan batu kecubung wulung, pastikan bahwa batu tersebut memiliki warna yang hitam dan memiliki tekstur batu yang jernih. Batu kecubung wulung selalu tembus apabila disenter. Dan apabila terjadi perubahan pada warna dari batu jika disenter, maka batu tersebut adalah kecubung wulung. Yang anda perlu ingat bahwa batu kecubung selalu memiliki tekstur yang jernih dan tidak memiliki motif dan corak seperti batu agate.

Batu Kecubung ES/Air/Putih

Batu jenis ini memiliki penamaan yang global. Para pecinta dan penggemar batu cincin sengaja memberikan nama sebuah batu kecubung sesuai warnanya. Analogi warna dengan benda-benda lainnya selalu dijadikan sebagai penamaan jenis batu. Hal ini sangatlah wajar, ditengah banyaknya penggemar batu cincin yang belajar secara otodidak. Karena sebenarnya ada ribuan jenis batu mulia yang tersebar di dunia ini .

Batu kecubung ES adalah penamaan jenis batu yang memiliki tekstur seperti es. Serat pada batu kecubung ini akan terlihat sangat jelas dan terlihat seperti es batu. Disebut juga batu kecubung air karena apabila direndam didalam air, maka batu ini akan tidak terlihat dan seperti menyatu dengan air. Disebut juga batu kecubung Putih karena batu ini memiliki warna dominan putih transparan.

Batu Kecubung Tanduk Hitam / Kopi

Di kalangan penggemar batu cincin pasaran, batu kecubung tanduk merupakan sebutan untuk jenis batu kecubung yang berwarna hitam. Berbeda dengan jenis batu kecubung wulung yang juga memiliki warna hitam tetapi memiliki perubahan warna pada saat disenter. Batu kecubung tanduk tidak memiliki perubahan warna apabila disenter atau diberi cahaya. 
Ciri-ciri dari jensi batu kecubung tanduk dapat anda lihat pada bintik-bintik kristal putih yang terdapat didalam lapisan batu. Bintik-bintik kristal tersebut jika dilihat sekilas seperti ada gelembung udaranya. Ada yang menyebutkan bahwa bintik-bintik kristal merupakan serbuk mineral yang terperangkap didalam batu selama jutaan tahun.


Penamaan dari batu ini diduga karena jenis batu kecubung hitam yang satu ini selalu mengeluarkan kandungan minyak seperti tanduk hewan.

Batu Akik Kecubung Teh

Batu akik kecubung teh adalah salah jenis batu yang memiliki ciri-ciri warna coklat transparan. Seperti yang sudah saya sebutkan diawal, umumnya batu kecubung selalu memiliki kejernihan dan kalaupun ada akan terlihat serat-serat alami didalamnya.


Batu kecubung teh diseutkan sangat disukai oleh para wanita. Bagi mereka para wanita dianjurkan untuk menggunakan batu ini karena warnanya yang sangat indah dan seperti hidup apabila dipakai.
Demikian beberapa jenis-jenis dan macam-macam batu kecubung. Disetiap daerah, penamaan batu kecubung sangatlah berbeda-beda. Namun pada umumnya, jenis-jenis batu yang ada diatas memiliki penamaan yang hampir sama di seluruh daerah di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar