Sabtu, 18 April 2015

Bahan Alami Untuk Mengkilapkan Batu Akik

Bahan alami yang digunakan untuk mengkilapkan batu akik saat ini telah banyak dikembangkan oleh para pengerajin dan para penggemarnya . Sebelum orang-orang mengenal bahan modern , sejak dahulu para pengerajin batu akik hanya menggunakan bahan tradisional . Bahan-bahan tradisional alami yang digunakan tempo dulu tentunya  sangat mudah anda dapatkan pada saat ini . Jika anda tidak keberatan , maka marilah simak artikel singkat yang sudah kami persiapkan khusus untuk pembaca pengrajin-batu-akik.blogspot.com

Untuk mengkilapkan batu akik tentunya diperlukan sedikit kesabaran . Karena setiap batu akik memiliki kandungan penyusun yang berbeda-beda . Oleh karena itu , anda mungkin akan menemukan sebuah batu akik yang sangat sulit mengkilapnya . Untuk jenis batu yang memiliki kekerasan tinggi , proses penggosokkan sudah cukup untuk mengkilapkannya . Namun , untuk jenis batu yang memiliki kekerasan yang rendah , tentu teknik penggosokkan menggunakan bahan tradisional tidak mampu untuk membuatnya mengkilap .

Ada beberapa bahan alami tradisional yang sudah sejak lama dikenal oleh banyak pengerajin . Bahan-bahan yang ada dibawah ini mungkin saja sebagian sudah anda ketahui . Namun , kami akan mengingatkannya kembali kepada anda tentang bahan-bahan alami yang digunakan untuk mengkilapkan batu akik . Apalagi untuk anda para penggemar batu akik pemula , tentu informasi ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda .

Mengkilapkan Batu Akik Dengan Daun Pisang

Bahan alami pertama yang digunakan orang tempo dulu dalam mengkilapkan batu akik adalah daun pisang kering . Daun pisang kering mengandung tekstur yang sedikit kasar dan juga mengandung minyak alami . Sampai saat ini , masih banyak para pengerajin yang menggunakan daun pisang untuk mengkilapkan beberapa jenis batu akik . Minyak alami yang ada didalam daun pisang sangat bermanfaat untuk membuat batu akik anda terlihat lebih indah dan tentunya mengkilap .

Bahan Alami Untuk Mengkilapkan Batu Akik

Mengkilapkan Batu Akik Dengan Bambu

Bahan alami yang kedua adalah bambu kering  .  Bambu kering juga memliki tekstur alami yang bisa digunakan untuk mengkilapkan batu akik . Hanya dengan menggosok ke bambu , batu akik yang tadinya kusam dapat menjadi lebih indah dipandang mata . Bambu tentunya sangat erat hubungannya dengan kehidupan masyarakat indonesia . Bambu banyak digunakan sebagai alat-alat untuk memasak , dijadikan sebagai rumah , perabot rumah , dan terakhir bambu juga digunakan sebagai alat perang dalam merebut kemerdekaan indonesia .

Untuk mengetahui caranya , anda dapat menyimak Tips dan Cara Mengkilapkan Batu Akik Dengan Bambu

Mengkilapkan Batu Akik Dengan Abu Gosok/Sekam Padi

Bahan alami yang kedua adalah abu gosok atau abu sekam padi . Bahan yang satu ini selalu digunakan oleh para Ibu Rumah Tangg untuk membersihkan bagian bawah panci atau kuali yang berwarna hitam . Abu gosok sekam padi ternyata juga bermanfaat untuk mengkilapkan batu akik . Cara ini termasuk yang paling mudah dilakukan dan bahannya juga sangat mudah didapatkan .

Untuk mengetahui caranya , anda dapat menyimak Mengkilapkan Batu Akik Dengan Abu Sekam Padi


Demikian artikel tentang teknik , tips , dan cara mengkilapkan batu akik dengan menggunakan bahan alami . Ada satu lagi bahan alami yang sangat ampuh untuk mengkilapkan batu akik anda . Tetapi , tips ini masih kami rahasiakan dan akan beberkan dalam waktu dekat ini . Jadi , selalu kunjungi blog pengrajin-batu-akik.blogspot.com untuk mendapatkan artikel informasi terbaru dari kami seputar batu akik .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar