Rabu, 29 April 2015

Jenis Batu Akik Yang Cocok Dengan Air Kelapa

Berdasarkan pertanyaan yang dikirimkan oleh pembaca kami, menanyakan tentang jenis batu akik yang cocok dengan air kelapa. Beberapa pembaca mengeluhkan keberhasilan penggunaan air kelapa dalam perubahaan batu menjadi lebih baik lagi.

Di beberapa artikel sebelumnya, kami sudah menjelaskan bahwa setiap perawatan batu, tentu tidak bisa dijadikan untuk perawatan jenis batu lainnya. Hal ini dikarenakan karakteristik kandungan mineral yang ada didalam tiap-tiap batu tentunya sangat berbeda.

Belum ada penelitian dan riset lebih lanjut mengenai manfaat air kelapa tentang batu akik. Merendam batu akik dengan air kelapa, hanyalah teknik perawatan yang diketahui oleh para penggemar batu di pasaran, dan bukanlah sesuatu yang dianjurkan oleh para master batu mulia.

Perawatan batu mulia di tiap-tiap negara tentunya berbeda-beda. Jika di Indonesia, pada umumnya masyarakat sangat suka melakukan uji coba dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Berbeda dengan teknik perawatan yang ada di luar negeri. Mereka biasanya memakai bahan kimia dalam teknik perawatannya.

Apakah Semua Jenis Batu Cocok Dengan Air Kelapa?

Merendam batu cincin dengan air kelapa adalah sebuah ide yang keluar dari para penggemarnya, dimana banyak para pemilik batu yang mengeluhkan cara cepat untuk melakukan proses perawatan, demi mendapatkan perubahaan batu yang lebih tua. 

Hal ini terinspirasi dari kandungan anti-oksidan dari air kelapa, yang disebutkan sangat baik untuk kandungan mineral yang ada di dalam sturuktur batu. Tapi bagaimana dengan teman-teman yang mengalami perusakkan batu diakibatkan merendam dengan air kelapa?

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, setiap teknik perawatan tentunya memiliki kecocokan dengan jenis-jenis batu tertentu. Perlu uji coba dan penelitian lebih lanjut untuk menentukan karakteristik batu seperti apa yang cocok direndam dengan air kelapa.



Beberapa penggemar batu bahkan telah membuktikan khasiat dari air kelapa dalam merangsang perubahan pada batu. Namun tidak sedikit juga dari mereka yang merasakan kekecawaan, dimana batu milik mereka mengalami perusakkan. Lalu bagaimana agar batu kita tidak rusak dibuat oleh air kelapa?

Yang pertama sekali adalah pastikan bahwa tingkat kekerasan dari batu tidak dibawah 6 Skala Mohs. Batu yang memiliki kekerasan dibawah 6, lebih cenderung mengalami pengeroposan disaat proses perendaman dengan menggunakan air kelapa. Namun, beberapa jenis batu yang berada dibawah 6 Skala Mohs juga aman bila direndam dengan air kelapa. Jadi, pastikan anda memperhatikan dengan cermat, setiap perubahan yang terjadi disaat anda merendam batu tersebut dengan air kelapa.

Karakteristik batu yang memiliki kekerasan minimal 6 Skala Mohs, dapat anda lihat melalui alat detektor kekerasan batu. Selain itu juga, untuk jenis  batu yang memiliki pori-pori besar pada struktur lapisan luar, dianggap tidak cocok jika direndam dengan air kelapa atau bisa dikatakan lebih beresiko.


Anda dapat melakukan uji coba dirumah, untuk mengetahui apakah air kelapa dapat memberikan perubahan yang positif terhada batu kesayangan anda. Pastikan anda selalu melakukan uji coba, demi menemukan teknik dan perawatan terbaru tentang batu mulia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar