Rabu, 29 April 2015

Batu Bacan Doko dan Cara Mengetahuinya

Salah satu dari sekian banyak jenis batu bacan yang terpopuler adalah bacan doko. Bacan doko sendiri merupakan jenis yang banyak dicari setelah palamea. Berbeda dengan jenis-jenis lainnya, batu bacan doko memiliki keunikan dan anda sendiri dapat menandainya hanya dengan melihat warnanya.

Pada umumnya, batu bacan doko selalu memiliki flek hitam atau coklat yang ada di struktur batunya. Hal ini lah yang sebenarnya menjadi ciri khas dari batu bacan doko. Jika batu bacan doko anda tidak memiliki flek hitam, maka perlu ditanya ulang proses perawatan dan asal usul batu tersebut.

Berbeda dengan jenis batu bacan palamea, struktur batu bacan doko lebih berwarna pekat. Hijau kebiru-biruan dan flek hitam atau coklat menjadi ciri khas batu yang satu ini. Jika flek hitam yang ada didalam batu tidak ada, maka untuk mendainya anda dapat melihat serat yang ada didalam batu.

Batu Bacan Doko dan Cara Mengetahuinya
Bacan Doko Dengan Flek Coklat
Kini, banyak treatment yang bertebaran untuk membuat batu bacan menjadi kristal. Perawatan tersebut tentunya memiliki beragam teknik dan penggunaan bahan. Ada yang menggunakan bahan alami dan ada juga yang menggunakan bahan kimia.

Jika anda senter, serat yang terdapat pada batu bacan doko lebih terlihat berkabut dibandingkan dengan palamea. Hal ini dikarenakan struktur batu bacan doko lebih beragam komposisi mineralnya. Sehingga, jika anda ingin mengetahui ciri khas dari batu bacan doko, maka flek berwarna hitam atau coklat lah yang menjadi ciri khasnya.

Untuk batu bacan palamea, struktur kekristalan batu lebih jernih dibanding doko. Namun pada saat ini, orang lebih banyak yang tertarik untuk membeli batu bacan doko dibandingkan palame. Lantas mana yang lebih baik, batu bacan palamea atau bacan doko ??

Batu Bacan Doko Flek Hitam
Pada saat ini, pembeli tidak mau jika batu bacan doko tidak memiliki flek hitam atau coklat. Hal ini dikarenakan semakin bertebarnya jenis batu palsu yang hampir sama. Batu tersebut berasal dari garut. Batu bacan garut saat ini banyak diperjual belikkan dan membuat orang awam tertipu dan menganggap batu tersebut asli dari maluku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar