Rabu, 15 April 2015

Tips dan Cara Merawat Batu Giok Aceh

Aceh adalah salah satu daerah penghasil batu giok di Indonesia. Keunikan dari batu giok yang dihasilkan oleh Aceh, terletak pada variasi warnanya. Batu Giok adalah jenis batu permata hijau yang mengandung beberapa kandungan mineral penyusunnya. Batu Giok sudah sangat lama dikenal oleh orang tiongkok sebagai batu kesehatan. Di Indonesia juga demikian, pengaruh pedagang China yang memperkenalkan batu giok, membuat batu jenis ini juga sudah sangat lama dikenal luas oleh masyarakat kita.

Keunggulan Batu Giok Aceh dibandingkan dengan Giok China, terletak pada variasi warna dan keindahaanya. Di Aceh, anda akan mengenal beragam jenis batu giok. Batu Giok Aceh mengandung beberapa kandungan mineral dan kimia-aluminium silikat Sodium/NA (Al fe) SI206,  adapun macam-macam warna termasuk putih, hijau, kuning, merah, oranye, ungu, dan hitam. Daya tahan dengan kekerasan 6,5 sampai dengan 7 Skala Mohs.

Apapun jenis batu giok aceh yang anda miliki, tentunya memerlukan perawatan khusus. Batu Giok Aceh dikenal sebagai jenis batu yang mengalami perbuhaan warna yang cepat. Jika salah perawatan, tentu batu giok aceh anda akan terlihat kurang baik.

Tips dan Cara Merawat Batu Giok Aceh
Batu Giok Aceh

Tips dan Cara Merawat Batu Giok Aceh

Sebenarnya, batu giok aceh mengandung beberapa kandungan mineral yang menyebabkan batu ini anti gores. Artinya, batu giok aceh tidak akan mudah tergores jika bersentuhan dengan benda-benda keras lainnya. Walaupun batu ini anti gores, tetapi kekerasannya belum cukup jika disebut sebagai batu yang memiliki kekerasan yang tinggi. Seperti yang sudah kami sebutkan diawal, umumnya kekerasan batu giok aceh berkisar antara 6 sampai dengan 7 Skala Mohs.
Batu Giok Aceh saat ini sudah mulai dikenal luas oleh masyarakat indonesia. Salah satu yang paling terkenal adalah batu giok solar aceh yang memiliki harga yang tinggi. Selain itu, beberapa Batu Giok sudah terbukti secara ilmiah bermanfaat untuk kesehatan.
Untuk merawat batu giok aceh, kuncinya ada pada kelembabannya. Menjaga batu tetap lembab membuat batu ini terlihat indah dan jika mengalami perubahaan warna, maka perubahaan warnanya akan lebih indah dari sebelumnya. Adapun beberapa cara merawat batu giok aceh adalah sebagai berikut :
  • Untuk membersihkannya dari kotoran, anda dapat mencucinya menggunakan air sabun. Cuci sambil gosok menggunakan kain biasa.
  • Untuk menambah kekilauaannya, anda bisa memberikannya setiap hari minyak jaitun atau bisa juga minyak goreng bila tidak ada. Hal ini untuk menjaga batu tetap terlihat cantik dan menjaga kandungan mineral yang ada didalamnya.
  • Sesekali anda bisa melakukan perawatan menggunakan kain yang sudah dicelupkan dengan air panas. Peras kain, dan biarkan batu giok aceh anda berada diatas permukaan kain yang sudah dibasahi dengan air panas tadi. Perawatan ini disebutkan untuk tetap menjaga kemilau warna pada batu giok aceh anda.
  • Sesering mungkin dalam memakainya. Suhu tubuh dianggap paling efektif untuk membuat batu giok anda memiliki perubahan warna yang indah secara alami.
TIPS
  • Jangan gunakan odol pasta gigi dalam membersihkan batu giok aceh. Dikhawatirkan jika warna pada batu giok anda akan memudar.
Demikian beberapa tips dan cara merawat batu giok aceh. Saat ini ada sebuah varian batu giok di aceh yang mulai naik daun. Batu tersebut adalah batu black jade atau giok hitam. Sekilas info, tingginya minat dari para penggemar untuk mencari dan membeli batu black jade, membuat harga dari batu ini semakin naik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar