Kamis, 02 April 2015

Benarkah Harga Jual Batu Akik Menurun?

Fenomena batu akik yang beberapa waktu lalu gencar menjadi sorotan media, seolah kini mulai dilupakan. Apakah trend batu akik sudah menurun ? dan kabarnya lagi, harga dari batu akik sudah turun dibandingkan dengan harganya yang diperjual belikan beberapa bulan yang lalu. Untuk memastikan hal ini, kita seharusnya terjun langsung untuk memantau perkembangan harga dari batu akik di pasaran. Berdasarkan hasil pantauan kami, nyatanya sampai saat ini harga jual batu akik tetap naik dan bahkan semakin meningkat.

Beberapa pemain besar memang melakukan monopoli harga untuk bisa menjual banyak barang ke pasar. Monopoli harga ini sendiri dilakukan di tengah persaingan pedagang batu akik yang kian hari semakin bertambah. Tentu hal ini sangat menguntungkan bagi beberapa pihak saja. Bagi mereka para pedagang batu akik yang tidak berani menjatuhkan harga akan kalah bersaing dengan pihak yang membuat harga batu turun.

Berdasarkan pantauan kami melalui sebuah situs perbandingan harga dan situs jual beli indonesia, mempelihatkan sebuah data bahwa harga jual dari batu akik sama sekali tidak mengalami penurunan. Hal ini bisa anda cek langsung di website seperti Olx dan Tokopedia. Harga jual batu akik memang bervariasi. Untuk beberapa jenis batu, terlihat masih memiliki harga yang tinggi. Salah satunya adalah batu pancawarna, kalimaya, dan beberapa batu populer lainnya.

Baca juga: Kisah Penemu Batu Pancawarna Edong

Untuk jenis batu akik Sungai Dareh jenis kristal, harga jual batu tersebut masih bernilai jutaan rupiah. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa harga jual batu bacan mengalami penurunan yang signifikan. Beberapa waktu yang lalu, harga jual batu bacan selalu diatas 2 juta rupiah. Tetapi kini, beberapa penjual batu bahkan berani menjual batu bacan miliknya dengan harga 1 juta saja.



Untuk beberapa jenis batu akik memang mengalami penurunan harga, tetapi tidak untuk jenis batu akik yang populer dan beberapa batu mulia permata lainnya. Salah satu batu akik terpopuler di indonesia adalah batu solar, sungai dareh, red raflesia, kalimaya, klawing, beberapa jenis batu kalimantan dan lain-lain. Simak juga, Batu Akik Termahal di Indonesia 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar