Jumat, 10 April 2015

Cara Merawat Jenis Batu Akik Kecubung

Batu kecubung adalah jenis batu yang memiliki kandungan mineral kuarsan didalamnya. Kecubung merupakan salah satu jenis batu akik yang terpopuler di kalangan penggemar batu cincin di indonesia. Baik itu jenis kecubung wulung, air, tanduk, dan lain-lain tentu memerlukan perawatan khusus agar penampilannya tidak cepat rusak dan warna tetap terjaga dengan baik. Batu kecubung haruslah memerlukan perawatan, jika tidak maka batu kecubung anda akan terlihat buruk.

Salah satu hal yang harus dihindari bagi anda pemilik batu kecubung adalah batu kecubung tidak baik bila didekatkan dengan suhu panas. Cahaya matahari yang berlebihan juga tidak baik untuk batu ini. Jika anda memiliki jenis batu kecubung wulung, hal yang harus dihindari adalah sebagai berikut :
  • Menggososk dengan bahan yang keras
  • Merendam dengan air terlalu lama. Karena dapat menyebabkan batu menjadi rapuh.
  • Memoles dengan bahan-bahan kimia.
Jenis batu kecubung sangat sensitif dengan sentuhan. Apalagi dengan benda-benda yang keras, seperti besi dan lainnya. Kekerasan dari batu kecubung hanyalah sekitar 6 Skala Mohs. Sehingga batu ini termasuk batu yang rapuh dan tidak terlalu kuat seperti intan.

Kecubung Air, Jenis Kecubung Yang
Memiliki Kekerasan Tinggi

Adapun cara merawat jenis batu kecubung yang baik adalah sebagai berikut :
  • Olesi dengan minyak jaitun setiap hari.
  • Menggosok dengan tisu setiap hari menggunakan minyak jaitun atau bila tidak ada anda dapat menggunakan minyak goreng.
  • Jaga kelembaban batu, jangan sampai terlalu kering dan jangan sampai terlalu basah.
  • Untuk menjaga warna pada batu, anda dapat merendamnya dengan minyak jaitun selama satu malam.

Demikian cara merawat jenis batu akik kecubung. Batu kecubung sangat cocok dipakai oleh anda yang memiliki pekerjaan diluar rumah. Karena batu ini dipercaya sebagai batu pergaulan dan kesenangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar