Senin, 13 April 2015

Cara Mengetahui Batu Black Jade Yang Asli

Pada kesempatan kali ini seorang pembaca blog pengrajin-batu-akik.blogspot.com menanyakan kepada kami melalui email tentang perbedaan batu badar besi dengan batu black jade atau Giok Hitam . Pertanyaan ini muncul dengan beredarnya batu badar besi yang mengatasnamakan batu black jade untuk menaikkan harganya di pasaran.

Di pasaran beredar batu black jade palsu yang magnetic atau lengket dengan besi berani, padahal sebenarnya batu tersebut adalah batu badar lumut atau sering disebut juga batu badar besi. Namun, karena ciri-ciri tampilannya yang hampir menyerupai Black Jade yang asli, maka banyak yang menyebutkan batu badar besi dengan sebutan black jade magnetic. Padahal sebenarnya batu tersebut sangat berbeda.

Batu black jade yang terbaik berasal dari Desa Gayo, Provinsi Aceh. Pada saat ini harga jual dari batu tersebut sangatlah tinggi mengingat permintaan yang cukup besar di kalangan penggemarnya. Salah satu yang membuat penggemar menyukai batu black jade adalah khasiatnya yang benar-benar ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh.

Cara Membedakan Batu Black Jade dengan Badar Besi

Berbeda dengan batu badar besi, badar besi atau badar lumut mengandung unsur Besi (Fe) yang sangat dominan. Sehingga jika anda dekatkan pada besi berani atau magnet, maka batu ini akan lengket pada besi berani tersebut.

Berikut adalah batu black jade saat diberikan magnet,


Batu black jade tidak mengandung unsur Besi (Fe) sehingga magnet tidak akan lengket dengan batu tersebut. Dari gambar diatas terlihat magnet sama sekali tidak menyentuh batu black jade. Dengan menggunakan magnet yang sama, kami mengetes batu badar lumut atau badar besi,


Dari gambar diatas dengan menggunakan magnet yang sama, batu badar lumut atau badar besi memang untuk pengetesannya selalu menggunakan magnet. Bisa anda lihat magnet lengket ke batu saat didekatkan. Banyak yang tertipu dengan ciri-ciri warna dari batu black jade,

Black Jade memiliki ciri-ciri warna hitam dan apabila disenter akan terlihat warna hijau, begitu juga dengan badar besi lumut. Jika disenter akan terlihat warna hijau pada bagian dalamnya, namun sebenarnya warna hitam dari black jade dengan badar besi lumut sangatlah berbeda, berikut kami berikan gambarannya,


Dari gambar diatas, anda pasti sudah melihat dengan sangat jelas perbedaan dari batu black jade dengan badar besi. Black Jade memiliki warna hitam pekat tanpa terlihat kotoran hijaunya. Sedangkan badar besi , beberapa motif kehijauaan akan muncul. Perbedaan dari warna hitam kedua batu juga sangat berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar