Minggu, 12 April 2015

Amplas Yang Digunakan Untuk Batu Akik

Apr 12, 2015 - Teknik dan cara pembuatan batu akik akan melewati tahap finishing dimana seorang pengerajin melakukan trik menggosok batu akik dengan menggunakan amplas . Bagi anda yang kebetulan ingin membuat batu akik sendiri dirumah dan memerlukan informasi terkait ukuran dan jenis kertas pasir atau amplas apa yang digunakan untuk mengkilapkan batu akik , akan kami jelaskan secara singkat kepada anda .

Batu akik adalah sebuah batu yang memiliki nilai tambah pada seni warna dan keindahannya . Tidak hanya pada corak dan motifnya saja terkandung nilai seni artistik , tetapi saat proses pembuatannya pun juga mengandung nilai seni yang tinggi . Proses pembuatan batu akik haruslah melalui fase dan tahapan yang dilalui satu demi satu untuk mendapatkan hasil yang baik .

Amplas Yang Digunakan Untuk Batu Akik


Setelah batu akik dibentuk dengan batu grenda , maka akan tersisa sebuah gundukan-gundukan atau benjolan kecil yang membuat lapisan batu akik tidak sedap dipandang . Untuk itu , Amplas bekerja untuk menghaluskan tekstur dan permukaan batu akik sebelum dilakukan tahap finishing yaitu menggosoknya dengan bahan-bahan tertentu seperti serbuk intan dan bubuk cat .


Setelah batu akik dibentuk , maka yang harus anda lakukan adalah menggosoknya dengan menggunakan jenis dan ukuran Amplas atau kertas pasir nomor 1200 . Untuk tahap awal anda bisa menggunakan Amplas ukuran 1000 . Setelah tahapan ini selesai dan anda yakin jika sisi-sisi batu akik tidak ada yang baling atau salah , maka tahap selanjutnya adalah menggosoknya menggunakan kertas pasir atau Amplas ukuran 1500 . Anda dapat menggunakan dinamo , yang anda lilitkan Amplas untuk mendapatkan hasil yang maksimal .

Setelah pengamplasan 1500 dilakukan , anda dapat meningkatkannya ke jenis amplas ukuran 5000 . Untuk beberapa jenis batu , ada yang tidak bisa mengkilap jika hanya menggunakan amplas . Anda harus menggosokkannya dengan struktur kertas yang lebih halus lagi .  kini saatnya anda masuk kedalam tahap finishing .

Anda dapat mengkilapkannya dengan beberapa bahan tertentu . Yang paling umum diketahui oleh kebanyakan orang adalah dengan menggosoknya menggunakan serbuk intan . Anda dapat menggunakan bahan pengganti serbuk intan untuk mengkilapkan batu akik , untuk lebih jelasnya anda dapat membaca artikel berikut Mengkilapkan Batu Akik dengan Abu Sekam Padi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar