Jumat, 01 Mei 2015

Rahasia Kenapa Batu Akik Bisa Berputar

Selain memiliki keindahaan, batu akik juga memiliki keunikan. Salah satu keunikan batu akik adalah bisa berputar. Jenis batu akik yang bisa berputar, tentunya hanya beberapa saja. Belum ada penelitian lebih lanjut, kenapa beberapa batu akik bisa bergerak, berjalan, dan berputar. Kali ini, kita akan mengupasnya melalui sudut pandang ilmiah, dan bukanlah melalui sudut pandang supranatural.

Untuk mencoba apakah batu akik anda bisa berputar, anda dapat menyediakan sebuah wadah yang berisi air cuka atau air jeruk nipis. Zat asam yang ada didalam air tersebut, dapat membuat reaksi terhadap batu akik. Anda tinggal meletakkan batu akik disebut piring yang sudah diberi air cuka atau air jeruk nipis, maka batu akik anda akan berputar. Itu pun kalau memang batu akik anda jenis yang bisa bergerak.

Lalu apa yang menyebabkan batu akik bisa berputar?. Ternyata, ada kandungan seperti kapur yang terdapat didalam batu akik tersebut. Selain kapur, ada beberapa kandungan mineral lainnya yang bisa bereaksi jika terkena zat asam dari jeruk nipis atau air cuka.

Kol Buntet, Batu Fosil yang bisa berputar
Saat zat tersebut terkena asam, maka akan bereaski menjadi sebuah gas. Gas tersebut yang menyebabkan terciptanya daya dorong. Sehingga, batu akik anda bisa bergerak atau berputar. Dibeberapa kasus, bahkan batu akik tersebut bisa berjalan maju.

Bukti Bahwa Gas Yang Menggerakkan Batu akik 

Bukti bahwa gas yang menggerakkan batu akik, bisa anda lihat dari gelembung-gelembung yang muncul dari dalam pori-pori lapisan batu. Anda juga bisa melakukan uji coba terhadap baking soda atau tepung kue yang biasa dijual di supermarket.

Saat baking soda terkena air cuka atau air jeruk nipis, maka akan tercipta sebuah gas akibat reaksi pertemuan zat asam bertemu dengan baking soda. Gas tersebut juga terjadi pada beberapa batu akik yang menyebabkan adanya daya dorong, sehingga batu akik terlihat berputar.


Hal tersebut merupakan contoh penjabaran atau penjelasan dari batu akik berputar. Hal ini belum tentu menjadi jawabannya. Karena perlu penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar