Minggu, 17 Mei 2015

Mengenal Jenis Batu Bacan Doko Yang Paling Terpopuler

Batu Bacan yang satu ini berasal dari Desa Doko, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Jenis ini dianggap lebih memiliki pamor dibandingkan bacan palamea dan bacan obi. Batu bacan doko pada saat ini menjadi salah satu yang paling populer dikalangan para penggemar batu cincin di Indonesia.

Adapun salah satu jenis bacan doko yang paling banyak dicari saat ini adalah yang memiliki warna seperti Cincau. Jenis yang satu ini memiliki ciri-ciri warna hitam atau coklat yang menyelimuti struktur batunya. Beberapa penggemar menganggap jika warna hitam atau coklat pada batu bacan doko adalah kecacatan, dan tidak memiliki nilai jual. Namun bagi sebagian lagi, warna hitam atau coklat yang ada pada batu bacan doko adalah menjadi kelebihan dan keunikannya.

Pada saat ini, beberapa para penggemar mencari jenis batu bacan doko yang sudah kristal sepenuhnya. Namun fakta di lapangan, jenis yang seperti ini sangat sulit didapatkan. Hal ini dikarenakan struktur kekristal batu bacan doko, masih banyak yang belum sempurna.


Jenis yang sudah mengalami kekeristalan sepenuhnya, banyak anda temukan pada jenis batu bacan palamea dan obi. Kedua jenis ini tidak perlu perawatan lagi, karena kekristalannya sudah banyak yang jadi. Mineral kristal pada batu bacan doko, masih tertutupi oleh struktur warna batu yang diakibatkan oleh proses pembentukan dan diyakini faktor geografis dari daerah tersebut.

Mengenal Jenis Batu Bacan Doko Yang Paling Terpopuler
Bacan Doko
Pada saat ini, harga dari batu bacan doko menembus angka jutaan bahkan puluhan juta. Bagi mereka para kolektor, jenis batu bacan doko super kristal bisa dibandrol dengan harga ratusan juta. Hal ini dikarenakan batu bacan doko super kristal sangat langka di pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar