Rabu, 06 Mei 2015

Cara Mengetahui Batu Akik Yg Memiliki Kapur

Salah satu kecacatan dalam sebuah batu mulia adalah masih memiliki kapur. Kapur sendiri terbentuk malalui proses air resapan yang ada didalam tanah, bertemu dengan mineral-mineral lainnya, sehingga menciptakan sebuah tanah yang mengandung kapur. Tanah tersebut yang sebenarnya mengeras dan menempel pada bagian-bagian lainnya.

Memiliki batu yang berkapur tentunya sangat tidak indah dipandang mata. Kapur sendiri biasanya berwarna putih, kuning, coklat, dan lain-lain. Warna dari sebuah kapur, tentu dipengaruhi oleh kondisi geografis tempat batu tersebut berasal.

Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui, apakah batu akik anda memiliki zat kapur atau tidak?. Tanpa perlu panjang lebar, maka kita akan membeberkan trik dan tips nya kepada anda.

Cara Mengetahui Adanya Kapur Pada Batu Akik

Adapun bahan-bahan yang harus anda persiapkan sebelumnya adalah Pisau dan Jeruk Nipis. Bahan-bahan tersebut tentunya mudah anda dapatkan dirumah. Biasanya bisa anda temui di ruang dapur tempat ibu atau istri anda memasak.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui batu akik anda memiliki kapur atau tidak?. Kalau begitu, mari ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Persiapkan batu akik. Usahakan dalam keadaan kering.
  2. Potong jeruk nipis menjadi 2 bagian.
  3. Peras jeruk nipis tersebut diatas permukaan batu akik anda.
  4. Perhatikan reaksinya.

Reaksi Jika Batu Akik Anda Memiliki Zat Kapur

Jika batu akik kesayangan anda memiliki zat kapur, maka akan timbul sebuah reaksi gelembung-gelembung seperti busa dalam frekuensi yang sangat kecil. Jadi anda harus memperhatikannya secara cermat.

Cara Mengetahui Apakah Batu Akik Memiliki Kapur


Ini adalah pelajaran kimia anak SMA, dimana sebuah zat kapur apabila bertemu dengan asam, maka akan menghasilkan gelembung gas. Kapur dapat menghasilkan gelembung gas yang banyak apabila ditambah dengan asam kuat, asam lemah, dan air. Anda dapat berkonsultasi dengan seorang yang bekerja di laboratorium kimia yang ada di kota anda tentang permasalahan ini.


Reaksi Jika Batu Akik Tidak Memiliki Kapur

Jika batu akik anda tidak memiliki zat kapur, maka tidak akan terjadi reaksi apapun. Namun hal ini berlum di ujicoba untuk berbagai jenis batu. Sehingga kami tidak memiliki data yang lebih spesifik terkait daftar reaksi batu apabila diberi asam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar