Minggu, 03 Mei 2015

Batu Kecubung Api Hampir Sama Dengan Habasyah

Batu kecubung api kini banyak diburu karena keunikkannya. Memiliki struktur dasar berwarna hitam dan akan terlihat merah saat disenter. Salah satu yang membuat menarik adalah jenis batu ini hampir sama dengan batu Habasyah atau Habasyi yang berasal dari Ethiophia, Afrika. Jenis batu habasyah adalah batu yang kabarnya pernah dipakai oleh Nabi Muhammad. Hal ini menjadikan batu kecubung api sebagai alternatif dari Batu Habasyah.

Dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Anas Bin Malik berkata bahwa cincin Nabi Muhammad terbuat dari perak dan batu cincinya adalah batu habasyi ( H.R Muslim ).

Hal ini lah yang menjadikan batu kecubung api memiliki nilai tersendiri bagi penggemarnya. Batu kecubung api sangat cocok apabila dijadikan sebagai cincin, kalung, gelang. Bahkan tidak hanya pria saja, kini para wanita juga banyak terlihat menggunakan kecubung api.

Selain itu, struktur batu kecubung api juga memiliki kesamaan dengan jenis Yaman Wulung . Batu yang berasal dari Yaman, disebutkan memiliki keunikan yang hampir sama dengan kecubung api. Keunikan tersebut terletak pada warna merah yang menyala apabila diberi cahaya, sedangkan warna dasar terlihat hitam.

Kecubung Api Hampir Sama Dengan Batu Habasyah
Gambar Bongkahan Bautu Kecubung Api

Memang kita ketahui, ada saja jenis batu yang hampir sama walaupun berasal dari daerah atau negara yang berbeda. Namun tetap saja, kandungan dari batu tersebut tidak bisa disamakan. Hal ini dikarenakan faktor geografis, termasuk juga struktur kandungan tanah ditempat penemuan bongkahan tersebut

Salah satu jenis batu kecubung api yang terkenal saat ini berasal dari Aceh dan Bengkulu. Disebutkan bahwa jenis kecubung api yang ada di kedua tempat tersebut, memiliki kualitas unggulan dibandingkan dari daerah lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar