Minggu, 17 Mei 2015

Cara Mengkilapkan Batu Akik Red Raflesia

Batu akik Red Raflesia disebut juga cempaka merah merupakan batu indah yang berasal dari daerah Bengkulu. Batu red raflesia termasuk batu yang memiliki zat Chalcedony yang membuat warna pada batu dapat berubah seiring perkembangannya. Kini Red Raflesia telah menjadi salah satu  yang terpopuler di indonesia. Apalagi harganya yang kian meningkat setelah terjadi reaksi booming batu akik.

Untuk mengkilapkan jenis batu chlacedony, tidak ada sulitnya. Anda hanya perlu menggosoknya dengan beberapa bahan tradisional yang akan kita bahas satu persatu. Dalam mengkilapkan jenis batu akik red raflesia, yang paling utama adalah tetap menjaga suhu agar tidak terlalu panas saat digosok. Apabila terlalu panas, dikhawatirkan warna dari batu red raflesia akan berubah menjadi warna putih.


Adapun beberapa bahan yang kami rekomendasikan untuk mengkilapkan batu akik red raflesia adalah sebagai berikut :

1. Serbuk Intan

Bahan yang paling umum digunakan para pengerajin pada saat ini adalah serbuk intan. Serbuk intan sendiri bisa anda dapatkan ditempat-tempat khusus yang menyediakan pernak-pernik batu akik. Anda hanya tinggal menaburkan serbuk intan secukupnnya ke permukan kulit atau karet. Anda dapat menggunakan sendal bekas sebagai pengganti kulit. Untuk lebih memudahkan proses pengkilapan dengan menggunakan serbuk intan. Lalu bagaimana jika anda tidak memiliki atau sulit mendapatkan serbuk intan?

2. Abu Sekam Padi

Untuk cara yang kedua sebagai pengganti dari serbuk intan, anda dapat menggunakan abu sekam padi. Abu sekam padi sangat cocok untuk mengkilapkan batu akik red raflesia. Struktur batu akik red raflesia sebenarnya sangat mudah mengkilapnya. Hanya dengan menggunakan abu padi, anda sudah dapat mengkilapkannya kurang lebih selama 5 menit saja.

Cara yang bisa anda lakukan tidak jauh berbeda dengan metode serbuk intan. Anda harus menyediakan kulit ataupun sendal bekas untuk itu. Taburkan abu padi di permukaan sendal bekas tersebut, lalu gosokkan batu akik red raflesia anda.


Kedua cara diatas sebenarnya sudah sangat cukup untuk mengkilapkan batu akik red raflesia. Karena jenis batu chalcedony ini tidak memerlukan bahan khusus dalam pengkilapannya. Berbeda dengan beberapa proses mengkilapkan batu giok aceh, yang membutuhkan beberapa bahan khsusus. Jika anda belum mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan amplas untuk batu akik.

Tambahan Informasi Terkait Batu Akik Red Raflesia

Beberapa pembaca kami melaporkan jika batu akik red raflesia sangat cocok untuk metode perendaman dengan menggunakan air kelapa. Beberapa menyebutkan jika batu akik red raflesia direndam dengan air kelapa, maka warna batu akan lebih memerah pekat. Anda dapat mencoba hal ini untuk bisa membuat batu red raflesia milik anda bertambah indah.

Cara Mengkilapkan Batu Akik Red Raflesia
Jenis Batu Red Raflesia

Batu akik red raflesia disebut-sebut memiliki harga jual yang tinggi, dikarenakan jenis batu yang satu ini sangat langka dan sulit didapatkan dilokasinya. Beberapa penambang mengakui bahwa masih banyak red raflesia yang belum cukup usia, dipaksa dijadikan batu cincin sehingga hasilnya tidak baik. Sekedar informasi, wujud raflesia muda seperti cempaka madu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar