Sabtu, 02 Mei 2015

Apakah Batu Badar Besi Mengandung Magnet?

Batu akik badar besi sedang populer saat ini. orang juga mengenalnya dengan sebutan batu pati ayam. Batu ini banyak ditambang di daerah Kebumen Jawa Tengah. Di Kecamatan Karanggayam yang terletak 25 km dari pusat Kebumen inilah badar besi dengan kualitas terbaik banyak ditemukan. Batu ini memiliki ciri khas warna abu-abu gelap atau hitam pekat dan memiliki daya magnet saat ditempelkan pada magnet.


Dari bentuk fisik, sebenarnya batu badar besi tidaklah terlalu menarik untuk dijadikan perhiasan. Tidak seperti jenis akik yang memiliki warna indah lainnya seperti kecubung. Namun, tampaknya para pecinta batu tetap memburu batu ini dikarena mitos yang mengiringinya. Konon siapa pun yang memakai batu ini, ia akan kebal senjata. Anda berani membuktikannya?
Kandungan Dalam Batu Badar Besi Adalah

Batu badar besi tersusun dari kumpulan mineral yang kaya akan unsur Besi (Fe) dimana struktur mineralnya berbentuk Trigonal dan memiliki kandungan Oksigen yang tinggi. Kandungan oksigen inilah yang mengakibatkan warna badar besi abu-abu gelap atau sangat hitam serta hanya memiliki tingkat kekerasan 5 – 6 skala Mohs. Tingkat kekerasan baru akik badar besi yang tidak terlalu solid inilah batu akik ini kurang cocok dijadikan perhiasan sehari-hari karena mudah tergores. Namun, tetap saja batu ini tidak pernah sepi peminat yang sekadar ingin memiliki dan melengkapi koleksinya.

Batu badar besi memiliki efek mengkilat seperti besi apabila digosok atau diasah. Batu ini memiliki karakter dapat menempel di kutub besi yang berlainan seperti magnet. Badar besi memiliki susunan kristal yang sama dengan korundum yaitu senyawa penyusun pada batu ruby dan safir.


Batu akik telah banyak ditemukan di pertambangan Brazil, Eropa, Meksiko, Australia dan Amerika karena di wilayah-wilayah tersebut terdapat pegunungan yang dahulu sering dilalui banjir lahar berabad-abad yang lalu.
Ciri-ciri Badar Besi Asli

Batu ini bisa dibilang sulit didapat. Oleh sebab itu, harganya juga tidak murah (untuk yang diberi embel-embel anti senjata). Jangan sampai anda tertipu dengan batu badar besi yang terbuat dari magnet. Berikut ini ciri-ciri batu badar besi asli:
Karena mengandung magnet, maka batu badar besi asli akan menempel pada medan magnet.
Jika ditetesi getah pepaya, getah tersebut akan cepat kering.
Dingin jika ditempel di pipi dan akan cepat dingin setelah terkena panas.
Tidak tembus cahaya jika disenter.
Jika diberi embel-embel anti senjata, agaknya anda harus memastikannya karena tidak sedikit orang yang menipu dan tertipu.
Harga Batu Akik Badar Besi

Untuk batu badar besi lokal, anda bisa membawa pulang dengan merogoh kocek Rp 50.000 saja. Tapi ingat, ini untuk yang tidak pakai embel-embel sakti lho ya… Jika batu badar besi memang sudah terbukti jimat, harganya bisa saja mencapai milyaran. Untuk batu badar impor dari Thailand misalnya, anda harus merogoh kocek lebih dalam yaitu sekitar Rp 200.000 – Rp 500.000. demikian informasi mengenai ciri-ciri serta harga batu akik badar besi. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Kebetulan saya punya batu akik dapat sendiri di daerah pegunungan tepatnya di pinggir sungai batu berwarnar hitam ke abu abuan dan apa bila ditempelkan pada jarum atau peniti dia bisa menarik hanya tdk terlalu kuat mohon pencerahannya ini batu apa namanya, terima kasih

    BalasHapus