Jumat, 08 Mei 2015

Apa Nama Batu Akik Dalam Bahasa Inggris?

Batu akik adalah jenis batu yang memiliki nilai jual yang sangat bagus. Indonesia sendiri merupakan salah satu dari sekian banyaknya negara penghasil jenis batu akik. Selain di Indonesia, negara seperti Myanmar, Australia, Afrika, dan beberapa negara di Eropa banyak menghasilkan batu akik. Lalu, apa sebutan batu akik dalam bahasa inggris atau dalam dunia internasional ?.

Dalam dunia internasional, batu akik sering disebut sebagai Agate. Agate sendiri merupakan jenis batu kristal dan non-kristal, diantaranya terdapat pada jenis cryptocrystalline silika dan yang paling umum adalah jenis Chalcedony.

Batu akik dapat ditandai dengan warna yang cerah, memiliki struktur kehalusan pada seratnya. Walaupun pada saat ini Batu Akik adalah sebutan umum batu mulia bagi orang indonesia awam. Apa saja jenis batu nya, tetap nama Akik selalu disandingkan.

Nama Agate pertama kali diberikan oleh Theophrastus, seorang filsuf Yunani yang kebetulan mendapatkan batu jenis Chalcedony disepanjangan aliran sungai Achates. Beliau memberikan nama agate, karena jenis batu ini berwarna sangat indah.

Botswana Agate, di Indonesia disebut
Junjung Derajat

Pemahaman tiap-tiap negara tentang batu akik tentunya sangat berbeda. Di Indonesia, pemahamam masyarakat umum tentang batu akik adalah jenis batu yang memiliki motif atau corak. Jika sebuah batu memiliki motif atau corak, maka batu tersebut dinamakan batu akik.


Diyakini jika orang indonesia mengenal batu akik sebagai batu perhiasan, didapat setelah bertransaksi dengan para pedagang dari China dan Persia. Di Daerah timur tengah sendiri, trend batu akik sudah sangat lama ada. Apalagi di Negara China, kekaisaran China sudah sangat lama memakai batu sebagai perhiasan dan pengobatan. Belum adanya data sejarah yang lengkap tentang batu akik di indonesia, membuat kami sedikit kesulitan dalam membuat artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar